Anggota Dewan Berpartisipasi ikut Berbagi pada Pengunjung MPP Kota Padang

 


Plt. Kepala DPMPTSP Kota Padang, Corrie Saidan menyambut baik dan mengucapkan terima kasih adanya partisipasi anggota DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti membagikan sarapan pagi bagi masyarakat yang sedang mengurus perizinan di Mal Pelayanan Publik Kota Padang yang terletak di kompleks Pasar Raya Padang Blok III lantai 4, Jumat (12/5/2023). 

Kegiatan Jumat berkah dengan berbagi sarapan dilakukan setiap Jumat bagi pengunjung MPP. Tempat ini mengintegrasikan sejumlah instansi pemerintah dan swasta untuk melayani keperluan administrasi masyarakat, ulasnya.


Untuk tahap awal, MPP Kota Padang menggandeng beberapa instansi dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Padang. Saat ini ada 8 instansi yang hadir di MPP antara lain Kejaksaan Negeri Padang, Polresta Padang, Kantor Pajak, Bank Nagari, BPJS Ketenagakerjaan, Kementerian Agama, Jasa Raharja, BPJS Kesehatan. 


Melalui Mal Pelayanan Publik, masyarakat juga bisa mengurus seluruh jenis perizinan yang tercantum dalam Peraturan Wali Kota Padang nomor 61 tahun 2015. 


Padang ini kota kesebelas dari 19 MPP di Indonesia. “Artinya, masyarakat bisa mendatangi MPP di Pasar Raya Padang bila ingin mengurus dokumen seperti NIB, SIP, pembayaran pajak kendaraan, pengajuan NPWP, pembayaran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan hingga pendaftaran nikah atau haji”, ulas Corrie Saidan.


Menurut Plt Ka. DPMPTSP Kota Padang, kehadiran MPP bukan untuk menggantikan fungsi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang lebih dulu dicanangkan pemerintah. MPP, lanjutnya, justru melengkapi jenis pelayanan yang diintegrasikan dalam satu tempat. 


Melalui MPP ini masyarakat bisa mengakses 104 jenis layanan perizinan dan nonperizinan, jelas Corrie Saidan. 


MPP juga akan diintegrasikan dengan Online Single Submission (OSS). Telah ada 192 satuan kerja pemerintah yang melakukan inovasi pelayanan publik, tutupnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post