Mau Belanja Online? Intip Tips Berikut Ini!


Sumber: Kindel Media – canva.com

Di zaman yang serba canggih ini, kita bisa dengan mudah menemukan beragam cara yang lebih instan untuk melakukan sesuatu. Beberapa di antaranya adalah kemudahan yang kita rasakan dengan menggunakan media sosial dan berbelanja daring.

Berbelanja daring juga memudahkan kita untuk menghemat uang karena ada banyak promo dan diskon yang hanya ada di toko-toko online. Selain itu, berbelanja online juga sangat membantu kita saat membeli kebutuhan bulanan hanya dari smartphone dan tanpa harus bersusah payah mengangkatnya sendiri karena paket akan dikirim langsung ke rumah.

Namun, dengan segala kemudahan tersebut, kita juga harus berhati-hati dalam berbelanja online. Hal ini dikarenakan juga ada banyaknya penipuan yang tentunya akan merugikan Anda jika masalah tersebut terjadi. Ada banyak kejadian penjual di toko online tidak bertanggung jawab atas pesanan para pembeli. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mengikuti tips yang telah kami rangkum berikut ini.

 

Sumber: Towfiqu Barbhuiya – canva.com

Salah satu cara terampuh untuk menghindari penipuan toko online adalah dengan melihat ulasan dan rating yang diberikan oleh para pembeli sebelumnya. Anda perlu melihat apakah ulasan tersebut ulasan bagus atau buruk. Di kolom ulasan, Anda biasanya dapat melihat kondisi barang lewat foto-foto dan video yang disematkan.

Rating yang diberikan oleh pelanggan juga sangat berpengaruh pada kualitas barang yang dijual. Jika Anda melihat rata-rata rating yang diberikan kecil, Anda patut mencurigai toko tersebut. Apalagi saat ini situs belanja online biasanya memberikan kebebasan pada pelanggan untuk memberikan rating pada produk yang sudah dibeli, apakah sesuai kriteria atau tidak. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengecek ulasan dan bintang, ya!


Ada banyak barang palsu yang dijual di toko-toko online yang terlihat seperti barang asli- apalagi kita tidak bisa mengeceknya secara langsung. Hal ini bisa berbahaya jika Anda ingin membeli produk kecantikan dan hanya akan menyebabkan masalah serius pada kulit. Selain melihat ulasan dan bintang yang diberikan oleh pelanggan sebelumnya, lebih baik untuk membeli dari toko online resmi.

Hal ini untuk menghindari Anda membeli barang-barang palsu yang sangat merugikan. Anda dapat melihat apakah toko tersebut toko resmi atau bukan dari lambang yang tertera. Biasanya, toko resmi memiliki tanda centang pada profil mereka. Selain itu, Anda juga dapat melihat apakah toko tersebut memiliki kata ‘official atau resmi’ pada nama belakang mereka.


Menjadi pembeli yang pintar sudah diharuskan bagi Anda yang ingin berbelanja online. Meskipun situs perbelanjaan daring ini memiliki foto dan video produk yang bisa Anda lihat tanpa membaca keterangannya, membaca deskripsi produk adalah suatu kewajiban. Ada banyak toko daring yang memiliki ulasan dan bintang yang jelek karena pembeli tidak membaca deskripsi terlebih dahulu.

Untuk itu, Anda perlu membaca deskripsi produk yang ingin dibeli terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari dari perasaan ditipu dan malah merugikan toko online tersebut. Jangan hanya mengandalkan foto dan video yang disematkan pada halaman awal produk karena bisa saja berbeda dengan deskripsi yang telah ditulis. Be a smart buyer, ya!


Biasanya, saat seseorang sudah melakukan pembayaran di toko online, mereka cenderung lupa dan tidak mengecek kembali lokasi paket. Hal ini memang bukan suatu kewajiban terutama jika Anda membeli di toko resmi. Namun, Anda perlu mengecek selalu lokasi paket agar barang tiba sesuai waktu.

Dalam mengatasi hal ini, Anda perlu selalu mengecek lokasi paket agar tidak perlu menunggu terlalu lama. Jika Anda merasa barang yang dipesan tidak kunjung dikirimkan, kirimlah pesan dan tanyakan kapan sang penjual akan mengirimkan paket tersebut. Selain itu, Anda juga perlu melihat status pesanan Anda apakah pengiriman paket tertunda oleh jasa kirim atau tidak.


Banyak orang yang terlalu antusias menyambut barang yang mereka pesan. Hal ini terkadang membuat mereka lupa untuk selalu merekam proses unboxing barang. Padahal video ini sangat penting, dengan tujuan untuk memberikan komplain ke penjual jika ada hal yang tidak sesuai. Jika tidak melakukannya, Anda tentu akan merasa rugi jika paket yang Anda terima rusak atau berbeda dengan yang dipesan.

Banyak penjual yang membuat aturan ini untuk menghindari penipuan yang dilakukan oleh pembeli. Untuk itu, Anda harus selalu merekam video barang sebelum dibuka dari bungkus paket. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kerugian dan dapat mengembalikan barang jika ada yang rusak atau tidak sesuai dengan pesanan. Jadi, jangan sampai terlupa, ya!

Berbelanja online memang mudah dan menyenangkan, tetapi ada banyak hal yang harus diperhatikan agar barang yang Anda beli sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, melakukan belanja online juga harus penuh kehati-hatian dan waspada agar tidak tertipu. Itulah 5 tips untuk melakukan belanja online. Semoga bermanfaat!. **

Post a Comment

Previous Post Next Post