Mentor Kelas Macro JLD: Genre Macro Adalah Genre Favorit




Nusantaranews.net, Nasional --Beberapa waktu yang lalu Komunitas Desain dan Fotografi JLD menyelenggarakan pelatihan fotografi genre macro. Novaria Hudawati Devy salah satu mentor  fotografi macro mengatakan alasan membuka kelas fotografi genre macro karena genre tersebut merupakan genre favorit.

“Mengapa ada kelas macro? Karena memang salah satu genre favorit dari teman-teman member desain dan fotografi JLD,” ungkapnya kepada Nusantaranews.net, Sabtu (6/8/2022)

Nova sapaan akrabnya mengatakan sebelum ikut kelas fotografi genre macro harus sudah memiliki basic fotografi. 

“Jadi kita memang harus menguasai fotografi dasar dulu setelah itu baru kita lanjut ke foto macro, “ imbuhnya

Ia menambahkan kelas fotografi macro JLD merupakan kelas gratis namun tetap memperhatikan kualitas sehingga prosedur masuk agak rumit.

“Kelas ini dibuat gratis karena memang JLD kelasnya adalah kelas gratis untuk semua member. Memang prosedur masuknya kelas lebih ribet dari kelas lain tetapi yang masuk kelas JLD adalah orang-orang yang berniat dan mau mematuhi peraturan yang ada. Kelasnya dibuat disiplin, penuh kekeluargaan karena kami ingin memiliki yang santun dan berkualitas,” tegasnya.

Ia menjelaskan selain belajar dasar fotografi macro, siswa kelas juga diajari macro art sehingga bisa memadukan gambar dengan baik dan indah.

“Macro art memerlukan daya imajinasi. Sebenarnya ada hal lain yang harus diperhatikan yaitu tentang mengolah rasa dan mengolah keindahan, menjadikan keindahan itu menjadi sesuatu yang padu, namun tetap masuk akal. Walaupun berimajinasi tetapi keindahan, kesesuaian komposisi harus tetap diperhatikan,” tambahnya.

Nova berharap para pecinta fotografi macro terus berlatih dan menjalin komunikasi dengan sesama pecinta fotografi macro.

“Kepada teman-teman pecinta fotografi makro terus berlatih,  kalau memang butuh komunikasi dengan  teman-teman sesame pecinta macro silakan berkomunikasi, kalau memang ada kesempatan boleh masuk ke komunitas masuk biar kemampuan kita semakin terasah,” jelasnya.

Ia berpesan supaya pecinta macro tidak pelit berbagi ilmu supaya ilmunya lebih berwarna.

“Jangan puas dengan hasil yang kita milik, tetap semangat, tetap berkarya, tetap mengasah lensa dimanapun kita berada, karena momen itu selalu ada dimanapun. Teman-teman harus tetap semangat, harus tetap belajar dan jangan pelit untuk berbagi ilmu karena saat kita bisa dalam satu hal dan kita membagi ilmu tersebut pasti ilmu nyang kita dapat itu lebih berwarnai, lebih bermanfaat,” pungkasnya [ ] Sri Purwanti

Post a Comment

Previous Post Next Post