Raih Kemenangan dengan Menerapkan Syariah Islam Secara Kaffah

Oleh: Hafshah
Aktivis Muslimah



Ketakwaan merupakan sesuatu yang sangat penting sekali bagi umat Islam. Tentunya, dengan ketakwaan inilah kaum Muslim akan merindukan hidup dalam naungan penerapan syariah Islam yang seutuhnya. Namun saat ini masih banyak perintah Allah yang belum dilaksanaakan dan larangan Allah yang dilanggar. Contohnya saja pada bulan Ramadhan yang seharusnya seluruh umat Islam berpuasa, masih banyak yang cuek saja tidak berpuasa di tempat tempat umum. 

Pada aspek yang lebih luas lagi, betapa banyak syariah Islam tidak dilaksanakan seperti pada aspek sosial, pendidikan, ekonomi, hukum, dan politik. Padahal ketika syariah Islam tidak diterapkan betapa banyak kerugian dan kehancuran yang kita lihat dan rasakan saat ini. Kesengsaraan hidup, penindasan, pelecehan, penjajahan di berbagai negeri Muslim yang tak usai-usai.

Bahkan kita di Indonesia juga semakin merasakan kezaliman yang menjadi jadi akibat penerapan aturan yang bukan berasal dari Allah. Harga harga kebutuhan pokok yang semakin meroket, pajak yang memberatkan rakyat, kekayaan alam yang dikeruk oleh asing, layanan kesehatan dan pendidikan berkualitas yang mahal, pergaulan muda mudi semakin rusak, semakin diakuinya eksistensi dari kelompok LGBT, korupsi merajalela, dan kerusakan lingkungan yang semakin banyak.

Ternyata, pangkal kerusakan ini karena umat Islam telah menyimpang dari aturan Allah. Sehingga jika kita ingin mendapatkan kemenangan kembali dengan kemenangan hakiki maka umat harus kembali melanjutkan kehidupan Islam dengan penerapan yang kaffah.

Bagaimana kuncinya meraih kemenangan? Jika kita sungguh-sungguh ingin meraih kemenangan, maka diawali dengan memantaskan diri kita menjadi hamba yang kokoh keimanannya, mendalam keilmuannya, dan dekat dengan Allah SWT. Selanjutnya kita maksimalkan perubahan tersebut sehingga terus menerus kita menjadi pribadi yang semakin baik yang senantiasa sabar dengan panjangnya perjuangan dalam menghadapi tantangan termasuk tipu daya musuh-musuh Allah yang terus menekan umat Islam.

Namun, perubahan itu tidak cukup jika dilakukan oleh masing masing individu saja, harus dilakukan secara bersama antara individu sebagai pelaku perubahan, masyarakat, dan pemimpin sehingga kemenangan hakiki bisa diraih.

Adapun tips untuk tetap istiqamah, di antaranya menguatkan keimanan yang benar dan lurus, mengkaji dan mengamalkan isi Al-Qur’an, beramal dengan benar dan ikhlas, memperbanyak amalan sunnah, membaca kisah orang orang shalih, dan berteman dengan mereka.

Sebagaiman Rasulullah SAW mencontohkan dalam perjuangan hidupnya meraih kemenangan menerapkan Islam secara kaffah. Jika kita umatnya berjuang juga untuk mengikuti teladan Rasulullah, Insya Allah pertolongan Allah akan selalu datang dan kemenangan hakiki dapat kita rasakan.[]
 

Post a Comment

Previous Post Next Post