Warga Desa Sonean Sambut Pencanangan Kampung Pancasila

.

Pati, nusantaranews.net -  Seiring dengan di resmikanya Desa Sumber Rejo Kecamatan Jaken Kabupaten Pati sebagai Kampung Pancasila, saat ini hampir setiap kecamatan sedang melaksanakan persiapan pencanangan satu desa di tiap-tiap kecamatan.

Tak luput Desa Soneyan Kecamatan Margoyoso yang berada di bawah wilayah Koramil 0718-06/Margoyoso juga sedang mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk menjadi satu-satunya desa yang akan dicanangkan sebagai Kampung Pancasila di bilangan kecamatan Margoyoso. Jum'at (27/5).


Mengutip buku Prosiding Kongres Pancasila V oleh Sudjito, program Kampung Pancasila dilakukan melalui tiga tahapan, yakni interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila. Sedangkan, proses pelaksanaannya mencakup bidang sosial, budaya, dan ilmiah.


Pemerintah memilih daerah yang dijadikan Kampung Pancasila dengan melihat tingkat toleransi agama yang tinggi. Lantas, apa yang melatar belakangi terbentuknya Kampung Pancasila?

Kampung Pancasila adalah julukan untuk desa yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila. Sebutan Kampung Pancasila yang akan disematkan di Desa Soneyan.


Kapten Jubaidi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Koramil 0718-06/Margoyoso menyampaikan di saat sosialisasi bahwa pencanangan tersebut bertujuan mengurangi pengaruh radikalisme dan intoleransi yang kemungkinan terjadi di masyarakat.

“Pencanangan ini sesuai arahan pimpinan tertinggi TNI, dengan tujuan masyarakat dapat mengamalkan nilai Pancasila, supaya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.


Dalam kesempatan yang sama Margi Siswanto. S.Ip, menyampaikan  kami mewakili warga soneyan mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Kodim 0718/Pati khususnya Koramil 06 /Margoyoso yang telah menginisiasi, menggagas serta melaksanakan pencanangan Kampung Pancasila di Desa Soneyan ini.

“Kami sangat menyambut baik serta siap mendukung keberadaan Kampung Pancasila ini, karena keberadaan Kampung Pancasila sangat bernilai strategis dalam upaya memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga," pungkas Kades Soneyan. (ipl)


Post a Comment

Previous Post Next Post