Satgas Covid-19 Kabupaten Agam Perkuat Peranan Kecamatan dan Nagari

Tim Satuqn Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Agam, dalam Rapat Koordinasi.

Agam, Nusantaranews.net, -  Sebagai salah satu langkah upaya Penekanan Pemaparan Wabah Virus Corona, di Luak Nan Tigo, Satuan Tugas (Satgas-red) Percapatan Penanganan Covid -19 Kabupaten Agam, Perkuat Peranan Satgas Kecamatan, Nagari hingga Jorong sebagai Garda terdepan Penanganan Penyebaran Virus Corona, ini.

Saat di Konfirmasi Nusantaranews.net, Ketua Harian Koordinasi Satgas Penanganan Covid -19 Kabupaten Agam, M Lutfi,AR di Ruang Kerjanya Selasa (21/9) mengatakan Dt. Parpatiah mengatakan, Peran Camat, Wali Nagari, Wali Jorong sebagai Satgas di Wilayah aAdminstrasinya perlu diperkuat dalam Mengantisipasi Penularan Virus Corona di Tengah-tengah Masyarakat.

"Kita berharap dapat Bergerak secara Simultan dan Seirama dalam Penanganan Covid -19, mulai dari Tingkat Kabupaten, Kecamatan, Nagari hingga Jorong, yang tidak terleas dari Peran Aktif Masyarakat, ujarnya usai Kegiatan Rapat Evalusi Mingguan Penanggulangan Covid -19 bersama Camat dan Wali Nagari se Agam Bagian Barat, Selasa (21/9) di Aula Utama Posko Satgas Covid - 19, Kabupaten Agam.

Lebih lanjut dipaparkan, Camat, Wali Nagari dan Wali Jorong harus mampu menjadi Corong Informasi Penanganan Covid -19, mulai dari Pendataan, Edukasi, Sosialisasi hingga Pemulasaran Jenazah Pasien Covid -19.

"Sebagai Ketua Harian Koordinadi Satgas di Wilayah Administrasinya, Camat dan Wali Nagari sangat dituntut untuk berperan Aktif, Selaku Motorik Utama di Wilayahnya, untuk berkoordinasi dengan Puskesmas, di Daerahnya Masing-mading," ucapnya.

M Lutfi,AR Kalaksa BPBD Kabupaten Agam

Terkait Perluasan Cakupan Vaksinasi Covid -19, Ketua Harian Koorfinasi Satgas Penanganan Covid-19 yang Notabene Kalaksa BPBD Kabupaten Agam, ini juga mengajak Satgas di Tingkat Kecamatan dan Nagari turut Berperan Aktif.

Dalam hal ini Camat dan Wali Nagari diminta untuk menginformasikan betapa Pentingnya Vaksinasi sebagai Penguatan Kekebalan Komunitas, Satgas Kecamatan dan Nagari harus mampu memberi Edukasi seputar Vaksinasi agar Masyarakat tidak mudah termakan Kabar tidak benar.

Sementara itu Wakil Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19, yang dijabat Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan mengatakan, saat ini Cakupan Vaksinasi Covid -19 Kabupaten Agam, Posisi terendah di Tingkat Provinsi.

Untuk itu, Pihaknya Mendorong Camat, Wali Nagari dan Wali Jorong untuk turut Mempercepat Perluasan Cakupan Vaksinasi Covid -19, di Kabupaten Agam,"Jelasnya, saat menjawab Nusantaranews.net, di hari dan lokasi yang sama.

"Gelombang Ketiga Covid -19 diprediksi terjadi pada Desember 2021, untuk itu Perlu kita Antisipasi dengan Meningkatkan Herd Immunity, Masyarakat sampai ke tingkat tetendah, yaitu Toritorial Jorong di setiap Nagari," Pungkasnya mengakhiri dengan penuh harap.  (Bagindo)


Post a Comment

Previous Post Next Post