Penutupan Bimtek Jitu Pasna Angkatan IV


Pada akhirnya Ratusan Peserta ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) angkatan IV Hitung Cepat Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) yang digelar empat hari oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat (Sumbar) di hotel Emersia Batusangkar Rabu (15/9) resmi ditutup Kabid Rehap Rekon BPBD Sumbar, Suryadi Efiyondri, Rabu (15/9/2021) malam.

Pada kesempatan itu, Suryadi mengapresiasi semua pihak jelang tengah malam, teman-teman masih semangat dan antusias dan mendukung seluruh rangkaian kegiatan sehingga bisa terlaksana dengan baik. 

Tentunya dengan pembekalan materi dan pengetahuan yang didapatkan selama pelatihan akan bisa diaktualisasikan oleh peserta di tengah-tengah masyarakat.

Karena, relawan yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan duta atau perpanjangan tangan BPBD untuk membantu masyarakat dalam menghadapi bencana.

Ia pun berharap kegiatan ini bermanfaat, bukan hanya bagi relawan, namun juga untuk masyarakat dalam menghadapi bencana,” ujarnya.

Perlu diketahui BPBD Sumbar menggelar Bimtek Hitung Cepat Jitu Pasna sebagai salah satu cara memperkuat kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana. Apalagi, Sumbar merupakan salah satu daerah rawan bencana di Indonesia.

Dalam Bimtek Jitu Pasna kali ini relawan dibekali pengetahuan bagaimana menganalisa dan membuat laporan dampak atau kerugian dari bencana yang terjadi.

Hasil laporan tersebut kemudian dapat dijadikan rujukan awal oleh pemerintah dan pihak terkait untuk melakukan pemulihan pasca bencana berupa rehabilitasi dan rekonstruksi kerusakan secara cepat dan tepat. 

Post a Comment

Previous Post Next Post