Kepakan Sayap hingga Kecamatan



Padangpariaman - Resmi dilantik sebagai Ketua DPC Himpunan Putra Putri Angkatan Darat (Hipakad) Padangpariaman masa bakti 2021-2026 di Makodim 0308 Pariaman, Rabu (8/9), belum bisa membuat Umi Kurniasari. Pasalnya, beban berat tengah menanti Umi lega untuk lima tahun ke depan.

Salah satu agenda yang jadi perhatiannya adalah mengepakan sayap lembaganya hingga ke tingkat rayon atau kecamatan yang jumlahnya mencapai sebanyak 17 kecamatan di Padangpariaman. Ini sesuai dengan arahan Ketum DPP Hipakad, Isfan Fajar Satrio.

“Dari 17 kecamatan itu, satu rayon yakni Batang Anai, pengurusnya sudah terbentuk, hanya tinggal pelantikan saja. Usai ini masih ada yang akan menyusul yakni 2x11 Kayutanam, Sungailimau dan Sungaigeringging,” ungkap Ketua DPC Hipakad Padangpariaman, Umi Kurniasari, kemarin.

Diakui, Hipakad ini berfungsi sebagai pemersatu latar belakang suku, agama, ras dan golongan, guna menghimpun, mengemban, dan mendayagunakan potensi yang dimiliki putra putri angkatan darat, serta menggalang persatuan dan kesatuan, juga kerja sama yang solid. 

Dengan harapan, Hipakad ini nantinya bisa menjadi penerus amal bakti TNI AD seperti yang tercermin pada sapta marga, sekaligus memelihara, mengamankan dan mengembangkan seluruh potensi yang berdampak pada pembangunan yang adil dan merata.

Ketua DPD Hipakad Sumbar, Fajar Sukma mengatakan, sesuai dengan visi dan misinya, Hipakad bertekad untuk mengembangkan sayap hingga ke tingkat rayon, termasuk DPC-DPC yang lain di Sumbar. Kemudian, segera buat program-program kerja yang terkoneksi dengan Pemkab, Kodim melalui Kebangpol. 

“Selain fokus pada konsolidasi dan koordinasi kegiatan yang akan dilakukan Hipakad, juga melakukan pengembangan kapasitas SDM organisasi. Ini sesuai dengan visi dan misi Hipakad,” ungkap camat Padang Utara tersebut. 

Dengan dilantiknya DPC Padangpariaman, berarti sudah ada sebanyak 9 DPC Hipakad di Sumbar, di antaranya Padang, Pariaman, Pessel, Tanahdatar, Payakumbuh, Sawahlunto serta Sijunjung. Kemungkinan akan ikut menyusul Padangpanjang dan Bukittinggi yang pelantikannya diperkirakan akhir tahun ini.

Dalam rangka HUT Hipakad pada 17 September nanti akan ada ziarah makam Pahlawan, lalu Outbond Fun di Pariaman, yang akan diikuti oleh para anggota DPC-DPC Hipakad se-Sumbar. Lalu dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober nanti, juga akan ada Seminar kebangsaan yang akan diikuti oleh OKP minimal untuk tingkat Regional yakni Sumbar, Riau dan Jambi dengan nara sumber dari Kodam, Gubernur dan Danrem.
Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur berharap keberadaan Hipakad hendaknya bisa memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan daerah. Seperti yang pernah dilakukan yakni pada vaksinasi masal yang dilaksanakan di GOR Sikabu pada 4 September lalu, di mana Hipakad ikut menggerakan masa untuk ikut divaksin.

“Selain bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, kita juga berharap Hipakad bisa mensosialisasikan pentingnya vaksinasi ke masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” ungkap Ketua Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Sumbar tersebut didampingi perwakilan Kantor Kesbangpol Padangpariaman, Ade Dasrial.

Dandim 0308 Pariaman, Letkol CZI Titan Jatmiko meminta agar Hipakad bisa menjadi garda terdepan dalam menghadapi ancaman stabilitas Negara. Untuk itu perlu sinergi program-program Hipakad dengan Kodim dalam hal mengisi pembangunan.

“Hipakad merupakan tempat berkumpulnya putra putri AD, di mana dalam lingkungan terkecil kami berharap bisa melaksanakan kegiatan bersama dan kolaborasi dengan Forkopimda. Untuk itu, harus ada kesamaan visi dan misi,” ungkapnya.(zul) 

Satukan tekad: Ketua DPC Hipakad Padangpariaman masa bakti 2021-2026, Umi Kurniasari bersama Ketua DPD Hipakad Sumbar Fajar Sukma, Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, Dandim 0308 Pariaman Letkol CZI Titan Jatmiko usai dilantik di Makodim setempat pada Rabu (8/9).

Post a Comment

Previous Post Next Post