Warga Jorong Puduang, "Ratik Tulak Bala" usir Pandemic

Tampak Warga Jorong Puduang Nagari Bawan Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, lakukan Prosesi Ritual Ratik Tulak Bala, 

Agam, Nusantaranews.net, - Dewasa ini berbagai cara telah dilakukan Jajaran Pemerintahan Pusat bahkan sampai pada Pemerintahan yang terendah di berbagai Daerah,

Dan Kegiatan ini, ditunjang Sarana dan Prasarana yang sangat memadai, dengan Anggaran yang tidak sedikit, dari berbagai kebutuhan baik yang nyata maupun yang "Kamuflase".

Namun yang namanya Corona tetap saja semakin menjadi jadi, dan secara Ritme bak  Fatamorgana, bahkan kita tidak tau lagi apa yang sebenarnya terjadi di Bumi Nusantara yang kita cintai ini.

Namun lain halnya yang dilakukan Masyarakat Jorong Puduang, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, yang berserah diri pada Allah SWT, melalui Prosrsi Ritual "Ratik Tulak Bala", agar Allah Subhanahuwata'alla, menjauhkan Daerah tersebut dari segala Wabah Penyakit, Kemungkaran, dan berharap Allah SWT mengganti dengan Kebaikan, sehingga Masyarakat di Teritorial Puduang Rukun dan Damai.

Prosesi Ratik Tulak Bala yang melibatkan seluruh Masyarakat Jorong Pudung, tersebut berkumpul di Masjid Al-Hidayah, Jorong Puduang Nagari Bawan, Rabu, (4/8). Sore.

Rital ini di Pimpin sejumlah Imam Khatib, danbeberapa Tokoh Agama, Wali Nagari, Wali Jorong, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Pemudi bertolak menuju titik-titik yang telah di tentukan, sembari melafaskan Asma Allah.

Saat di Konfirmasi Wali Nagari Bawan, Via Cell Rabu (4/8) Kamiruddin, menjelaskan "Ratik Tulak Bala ini merupakan Tradisi Turun temurun yang sudah terabaikan karena Perkembangan Zama.

Seperti sedia kala Warga berjalan arak-arakan Keliling Kampung sambil Berdzikir bersama dan Adzan di titik-titik tertentu, dengan harapan agar terhindar dari Bencana dan berharap Allah SWT, mendatangkan Nikmat sebagaimana yang di inginkan." Sebutnya.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan Tiga kali berturut-turut yaitu mulai pada Rabu, 4 Agustus, dan berakhir pada 18, kemudian sesuai rencana, Ritual ini akan di tutup dengan Pnyembelihan Kambing dan Doa bersama di Masjid Al-hidayah, Jorong Pudung, Nagari Bawan, pada Rabu 25 Agustus 2021, ini. Pungkasnya.

Harapan yang sama juga di sampaikan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Bawan, Adrian Agus, Dt Kando Marajo, "Semoga dengan Dzikir bersama ini, Rakyat Indonesia, Khususnya Masyarakat Nagari Bawan, terhindar dari segala macam Penyakit, Bencana, dan hal-hal yang tidak kita inginkan.

Ritual Ratik Tulak Bala ini, memang telah lama sekali tidak dilaksanakan, padahal ini salah satu cara para orang tua kita yang terdahulu Memohon Kepada Allah SWT, untuk menghindari berbagai macam "Bala" dan meminta Keberkahan, lanjut Dt Kando lagi.

Semoga Pergelaran, Ritual Ratik Tulak Bala seperti ini dapat dilaksanakan pada setiap tahunnya, tutup Ninik Mamak itu.

Warga Jorong Puduang, akan Melafalkan Dzikir sembari mengelilingi Kampung sebagaimana yang di agendakan, Pada Minggu Pertama, beranjak dari Masjid Al-hidayah, menuju Batang Sitanang, dan Minggu ke Dua, dari Masjid Al-hidayah, menuju Dusun Talang Kuniang, Kubang Gajah,  dan Minggu ke Tiga, dari Masjid Al-hidayah, menuju Dusun Pancang Basi Ampek, Dusun Proyek dan Dusun Pilubang.

Secara Islamic cara ini sangat Efisien kita lakukan, selain mendrkatkan diri pada Sang Pencipta, juga tidak menelan Anggaran  begitu besar. (Bagindo)


Post a Comment

Previous Post Next Post