SAF 2021, Upaya Bangkitkan Budaya Minangkabau



Agam, Nusantaranews.net, - Bupati Agam, DR Andri Warmqn, yang diwakili Kadisdikbud, Isra buka Silek Arts Festival (SAF) Tingkat Provinsi Sumatera Barat, 2021, di Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Selasa (24/8).

Pada kesempatan itu, Bupati Agam, DR Andri Warman,  mengapresiasi dan mengaku bangga Kepada Peserta yang berpartisipasi dalam rangkaian SAF yang digelar 24-25 Agustus 2021.

"Melihat Geliat Silek Tradisi Minangkabau, sebagai salah satu jati diri, maka kebanggaan dan Seni Bela Diri merupakan sebuah upaya Masyarakat dalam membangkitkan Budaya Lokal," ujarnya.

Hal ini karena Pengetahuan dan Ekosistem Silek bagian dari akar Kebudayaan di Minangabau, jadi sangat penting dibangkitkan kembali di tengah Masyarakat salah satunya melalui Silek Arts Festival.

"SAF merupakan Platform Indonesia yang dilaksanakan Pemprov Sumbar, dan didukung Kemendikbud Ristek, dengan Konsep Gotong Royong dan memberdayakan Ekosistem Kebudayaan yaitu Pemerintah, Seniman, Budayawan, Akademisi, Swasta, dan Masyarakat," jelas Kadisdikbud Agam, Isra.

Dengan begitu, ia berharap SAF dapat memperkuat Silek sebagai Warisan Budaya Minangkabau, yang menjadi sumber kearifan lokal dan nilai kehidupan Masyarakat, dalam menjawab tantangan Masa Depan bagi Generasi Muda.

Di momen HUT ke-76 RI ini, ia mengajak untuk jadikan SAF sebagai salah satu ajang bentuk Kepedulian semua pihak, terhadap Warisan Budaya Minangkabau.

"Apalagi silek merupakan Budaya yang lahir turun temurun sejak dahulu hingga kini," katanya.

Selain membangkitkan budaya, menurutnya SAF ini juga bagian dari upaya untuk promosi daerah disegi kultur dan budaya, yang akan berikan nilai dan kesan tersendiri terhadap masyarakat.

SAF tahun ini digelar di enam kabupaten kota di Sumbar seperti, Kota Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Agam, Kota Padang, Kota Payakumbuh dan terakhir di Kabupaten Pasaman Barat. (Bagindo)

Post a Comment

Previous Post Next Post