No title


Indonesia Akan Merdeka Hanya Dengan Islam Kaffah

Oleh : Adibatus Sholihah ( Aktivis Muslimah Kalsel)

Indonesia adalah  termasuk salah satu negara yang dulu pernah dijajah oleh Negara-Negara lain seperti Belanda, Jepang, Inggris, Portugis dll dan yang terakhir adalah Negara Jepang dan akhirnya Indonesia bisa memerdekakan diri dari penjajahannya. Apakah Indonesia sudah dikatakan merdeka selama 76 Tahun ini? Sebagaimana pada Kamus Besar Indonesia (KBBI), makna “ Kemerdekaan” adalah keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, dan sebagainya Kebebasan berarti bebas

Seperti di lansir detik.com Jakarta- Hut Ke – 76 RI mengusung tema “ Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Ada pesan optimisme di balik tema tersebut “ Indonesia Tangguh menghadapi berbagai krisis yang selama ini menempa,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono lewat pesan singkat, Kamis ( 17/6/2021). (Detik.com , Kamis 17/6/2021).

Di lansir oleh Merdeka.com - Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengajak seluruh masyarakat untuk menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna pada upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI Selasa (17/8) pukul 10.17 WIB. Ini untuk menjaga kekhidmatan acara dan menghormati peringatan tersebut. "Hentikan semua kegiatan dan aktivitas Saudara selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus (2021) pukul 10 lewat 17 menit Waktu Indonesia Bagian Barat. Ambil sikap sempurna, berdiri tegak, untuk menghormati Peringatan Detik-Detik Proklamasi," katanya dalam video yang diunggah, Minggu(15/8).(Merdeka.com , Selasa, 17/8/2021).

Dalam momen bersejarah bagi negeri ini, selalu ada satu pertanyaan penting yang selalu muncul di setiap perayaan kemerdekaan, “Sudahkah Indonesia Merdeka?” pertanyaan tersebut mungkin sudah sering ditanyakan oleh beberapa pihak, namun  pertanyaan tersebut belum bisa terjawab.

Indonesia merdeka sudah 76 tahun lamanya. Jika dilihat dari arti " Kemerdekaan" bermakna bebas, berdiri sendiri, lepas dari penjajahan nyatanya hanya bebas dari penjajahan fisik saja ternyata secara Ekonomi, Kebudayaan, Pemikiran sampai saat ini masih dijajah oleh Negara-Negara Asing tanpa banyak yang menyadarinya. Karena hal ini banyak yang tidak sadar akan bahayanya penjajahan pemikiran ini, banyak masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim sudah terpengaruhi oleh pemikiran dari bangsa barat yang ideologinya memisahkan Agama dari kehidupan, seakan-akan kita tidak boleh memakai agama dalam setiap hal yang kita lakukan.

Indonesia sendiri menganut Sistem Kapitalisme yang anaknya adalah Demokrasi. Selama 76 tahun katanya Indonesia sudah Merdeka nyatanya masih saja Ekonominya bergantung pada Negara lain, yang katanya bebas buktinya masih saja terikat oleh Negara lain. Apalagi dengan kondisi kita saat Pandemi ini, masih belum bisa diselesaikan bahkan setiap hari umat banyak yang berduka atas meninggalnya orang tua, keluarga, sahabat dan umat muslim lainnya. Bukannya semakin membaik Negeri ini malah semakin terpuruk.

Makna Merdeka benar-benar dalam maknanya bukan hanya merdeka secara fisik, akan tetapi juga secara kaffah atau menyeluruh. Baik dalam hal Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, dan Politik. Hanya Islam yang mengatur semuanya dengan menyeluruh atau kaffah, jadi Indonesia tidak bisa dijauhkan dari Agama jika memang memaknai hakikat kemerdekaan. Bukan hanya sebatas perayaan saja tapi merubah hakikat kemerdekaan dengan hakikat yang benar dan mendasar. Yaitu beralih dari sistem Kapitalsme kepada sistem Perubahan mendasar dengan sistem sahih, syariat Islam secara kafah.

Dengan penerapan Islam secara kafah, Indonesia bisa merdeka dari penjajahan kapitalisme. Dengan pelaksanaan syariat Islam dalam bernegara, Indonesia bisa menjadi negara yang merdeka dari penjajahan yang sebenarnya. Dengan tegaknya Khilafah, Indonesia dan negeri-negeri muslim bisa tumbuh sebagai negara kuat sebagaimana sejarahnya dulu. Gemilang di pentas peradaban selama 1.300 tahun lamanya.

Patut kita ingat Umat terbaik ini hanya bisa kembali mulia dengan menerapkan syariat Islam secara menyeluruh dan fundamental bersama hadirnya institusi penegaknya, Khilafah Islamiah. 
Wallahualam Bishawab. [].

Post a Comment

Previous Post Next Post