Babinsa Koramil 08/Suruh Dampingi Tracking Tim Puskesmas Dadapayam




Semarang, nusantaranews.net – Upaya tracking (pelacakan), tracing (penelusuran) dan testing (pengujian) dalam mendeteksi sebaran kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Semarang terus dilakukan, untuk mencegah semakin menyebarnya wabah Covid-19.

Seperti yang dilakukan tim tracking Puskesmas Dadapayam, didampingi Babinsa Koramil 08/Suruh Kodim 0714/Salatiga Sertu Kundori, yang melaksanakan tracking ,tracing kontak pasien positif Covid-19 di Desa Sukorejo, Kecamatan Suruh,Kabupaten Semarang pada Kamis (22/04/2021).

Tracking kontak atau pelacakan kontak tersebut adalah sarana utama untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Ini adalah konsep yang digunakan mendeteksi jumlah orang yang terinfeksi setelah melakukan kontak dekat dengan kasus positif penyakit.

Tracking dengan melibatkan berbagai unsur, baik dari TNI dan Polri tersebut merupakan instruksi langsung dari Presiden Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, dimana TNI dilibatkan dalam membantu percepatan penanganan Covid-19 di wilayah.

“Kali ini, kita dampingi petugas Puskesmas Dadapayam dalam tracking keluarga pasien berinisal STZ (33), yang saat ini masih dirawat di RSU Moewardi Solo,” ungkap Kundori saat dikonfirmasi.

Pandemi yang telah menginfeksi jutaan manusia di seluruh dunia ini bersifat menular. Penularan virus bisa melalui droplet (percikan partikel liur dari batuk, bersin atau saat berbicara), sehingga kontak dekat dengan orang yang terinfeksi virus memungkinkan penyebaran.

“Yang dekat dengan orang terinfeksi inilah yang berpotensi menyebarkan lagi virus saat berada di kerumunan. Sebab tak jarang di antara mereka bahkan tak menyadari telah membawa virus di tubuhnya,” sambung Kundori.

Lebih lanjut, pelacakan kontak yang dilakukan petugas ini melalui tiga langkah. Pertama, melakukan identifikasi kontak. Kedua dengan mendaftar kontak, dan ketiga tindak lanjut kontak.

Dirinya berharap dengan adanya pendampingan dari Babinsa, proses tracking dan tracing berjalan dengan aman dan lancar, sehingga kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Semarang dapat ditekan dan dicegah penyebarannya. (Kun/m@s)

“Kita akan dampingi terus para petugas medis dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19. Mulai dari sosialisasi, tracking tracing, bahkan hingga pemakaman jenazah Covid. Semoga dengan langkah ini, kasus Covid-19 di Kabupaten Semarang cepat menurun dan berkurang,” tandasnya.(Pendim0714)

Post a Comment

Previous Post Next Post