Puskesmas Manggopoh Laksanakan Screening Kesehatan ke Sekolah



Agam, NusantaraNews-Puskesmas Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung, melaksanakan screening kesehatan dengan pemberian tablet tambah darah (Fe) ke sejumlah sekolah tingkat SD dan SMP di wilayah kerjanya, Kamis (18/2).

Kepala Puskesmas Manggopoh Ns. Lidia Ira Wati, mengatakan, hal itu dilakukan untuk mencukupi zat besi pada anak, khususnya bagi anak (perempuan) memasuki usia remaja yang akan memasuki fase menstruasi yang akan mempengaruhi fungsi tubuh.

“Artinya, perempuan di masa menstruasi rentan mengalami anemia karena kekurangan hemoglobin dalam darah (dalam sel darah merah),” ujarnya.

Apabila terjadi kekurangan hemoglobin, jelasnya, maka tubuh jadi lebih lemah karena pasokan oksigen berkurang. Hemoglobin memiliki peran untuk mengikat oksigen dalam darah.

“Tablet Fe sangat membantu membentuk hemoglobin sehingga tidak kekurangan pasokan oksigen dalam darah dan kita bisa terhindar dari anemia,” terangnya.

Ns. Ira menambahkan, screening dilakukan dua tahap, masing-masing screening berkala (sekali setahun) dilaksanakan pada Februari-April dan screening murid baru dilaksanakan bulan Juli-Agustus. (Bagindo)

Post a Comment

Previous Post Next Post