Pemkab Sarolangun Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual


N3,SAROLANGUN - Plt Bupati Sarolangun H.Hillalatil Badri bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

Berbeda dengan upacara tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini dimasa pandemi Covid 19, maka upacara dilaksanakan melalui streaming, pada Kamis 1 Oktober 2020 di Ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun.

Upacara virtual tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Ir.Joko Widodo dari Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 mengambil tema " Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila ".

Dari pantauan Nusantaranews.net di Ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun, Prosesi Upacara yang berlangsung pada pukul 08.00 - 08.30 WIB, berjalan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain Presiden RI Ir.Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur upacara, untuk pembaca teks Pancasila dibacakan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan merujuk Ikrar.

Sementara dari Pemkab Sarolangun selain Plt Bupati H.Hillalatil Badri, upacara ini juga diikuti oleh Sekda Sarolangun Endang Abdul Naser, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor.Inf Mento Merry, Kabag Sumda Polres Sarolangun Kompol Syaiful Edy Aprianto, Staf Ahli Bupati, Asisten dan para Kepala OPD.

Usai mengikuti upacara Virtual, Plt Bupati Sarolangun H.Hillalatil Badri mengatakan, hari ini kita mengenang peristiwa Gerakan  G30S/PKI, yang mana beberapa pahlawan nasional kita tewas dalam peristiwa tersebut, maka hari ini kita jadikan momentum untuk mengenang jasa-jasanya.

Selain itu Hari Kesaktian Pancasila ini juga kita jadikan momentum untuk lebih meningkatkan rasa persaudaraan, rasa persatuan dan nasionalisme, sesuai dengan slogan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 ini, Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila.

" Harapan kita dengan peringatan ini, kita bisa tetap menjaga persatuan bangsa agar bisa dipererat lagi," kata Plt Bupati.

(SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post