Kemerdekaan yang Sesungguhnya

By : Kulsum Dahlan
Perum Mutiara Venezia
Cileungsi, Bogor

Seharusnya di usia kemerdekaan yang cukup matang ini (75 tahun), idealnya bangsa ini telah banyak meraih impiannya. Kurun waktu tersebut bukanlah waktu yang singkat. Namun sayang Indonesia belum merdeka dari keterjajahan pemikiran, politik, ekonomi,pendidikan, hukum, sosial dan budaya. Indonesia belum merdeka dari kemiskinan, kebodohan, kerusakan moral dan keterbelakangan.

Apakah makna dari kemerdekaan yang sesungguhnya itu, yakni ketika rakyat merdeka dalam segala hal. Bukan hanya merdeka secara fisik, tetapi jg bebas dalam seluruh aspek kehidupan. Seluruh aspek kehidupan harus dapat dinikmati rakyat.

Proklamasi kemerdekaan bukanlah tujuan akhir, melainkan sebuah alat untuk mencapai cita-cita dan mendorong anak bangsa untuk bekerja keras, inovatif dan kreatif. Faktanya hari kemerdekaan yang selalu diperingati setiap tahun tidak memberikan kesan yang sangat berarti untuk kemerdekaan Indonesia.

Saat ini kaum millenials lah yang seharusnya berperan penting untuk terlibat langsung dalam momentum perubahan. Maka dari itu untuk menjemput perubahan, generasi mudalah yang harus turut andil dalam proses perubahan tersebut. 
Previous Post Next Post