Balumbo Biduk dan Masakan Khas Dusun Jadi Puncak Festival Budaya Sarolangun "Dusun Batuah" Kelurahan Dusun Sarolangun Tahun 2020

N3,SAROLANGUN - Lomba pacu perahu atau lebih dikenal di Sarolangun dengan Pacu Biduk atau Balumbo Biduk dan lomba masak masakan khas Dusun menjadi Puncak Festival Budaya Sarolangun "Dusun Batuah". Festival yang diselenggarakan oleh pemuda bersama pihak Kelurahan Dusun Sarolangun, Kecamatan Sarolangun, dimulai dari tanggal 25 dan berakhir pada tanggal 30 Agustus 2020 ini, dalam rangka peringatan 1 Muharam 1442 H/2020 M.

Pada acara puncak yaitu Balumbo Biduk ini dibuka oleh Bupati Sarolangun yang diwakili Kadis Perkim Saifullah, turut hadir perwakilan Kadis Parpora, yaitu Kabid Pariwisata dan Kabid Olahraga, Seklur Dusun Sarolangun, Babinsa, Ketua PODSI, Komite dayung dan tokoh masyarakat Kelurahan Dusun Sarolangun. Kegiatan ini diselenggarakan selama Dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu (29-30/8/2020).

Pada kesempatan itu, Kadis Perkim Saifullah dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemkab Sarolangun mengapresiasi Festival Budaya Sarolangun yang digelar oleh segenap warga Kelurahan Dusun Sarolangun. Dimana dengan kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan kecintaan terhadap budaya daerah yang dikemas dengan kearifan lokal dan salah satu upaya untuk tetap melestarikan budaya daerah sekaligus memperkuat ukhwah islamia di zaman milineal.

" Atas nama Pemkab Sarolangun mengapresiasi dan berterima kasih untuk segenap warga, pemuda dan tokoh masyarakat Kelurahan Dusun Sarolangun atas pergelaran Festival Budaya Sarolangun ini," sebutnya.

Saifullah juga dalam puncak Festival Budaya ini berharap untuk semua atlit dayung Balumbo Biduk yang ikut meriahkan acara untuk terus menjunjung tinggi sprotivitas dalam berlomba.

Sementara Seklur Kelurahan Dusun Sarolangun Holil Absor mewakili segenap panitia acara mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sarolangun dalam hal ini bapak Bupati H.Cek Endra yang telah mendukung kegiatan ini hingga bisa berjalan serta kepada segenap panitia yang sudah bekerja dalam mensukseskan Festival Budaya Sarolangun " Dusun Batuah ".

Holil Absor juga melaporkan jika dalam Balumbo Biduk yang akan digelar selama dua hari ini diikuti oleh 36 tim, mulai dari tim dalam Kelurahan Dusun Sarolangun juga diikuti oleh tim dari luar, seperti Kelurahan Gunung Kembang, Kelurahan Aur Gading, Kelurahan Sarkam, Desa Ladang Panjang, Desa Bernai dan Desa Tanjung Bathin VIII.

Dari pantauan dilapangan, acara berjalan meriah. Tampak antusias warga baik dari Kelurahan Dusun Sarolangun maupun warga dari luar menyaksikan Balumbo Biduk.

(SRF)

Previous Post Next Post