Warga Perumnas Kubang Gajah Payakumbuh Bangun Posko Siaga Mandiri Covid-29


N3 Payakumbuh - Warga Perumnas Kubang Gajah melaksanakan secara mandiri penanggulangan penyebaran virus Covid-19 di lingkungan sendiri.

Dengan total sekitar 1.500an warga dari 500 KK yang jadi penghuni Perumnas Kubang Gajah maka di bangun posko relawan yang siaga di pintu masuk.

Prosedur penanggulangan mandiri ini dilaksanakan dalam bentuk penyediaan cairan disinfektan bagi relawan yang bertugas di pintu masuk perumahan.

Selanjutnya pada pintu masuk di pasang jet sprayer disinfektan, ketika ada mobil atau sepeda motor yang melewati pintu masuk akan di semprot cairan disinfektan dari dua sisi. (05/04)

Drh. Herizalsyah salah seorang warga perumnas Kubang Gajah mengatakan bahwa bahan aktif disinfektan yang digunakan adalah BKC (Benzal Konium Chlorida).

"Bahan ini merupakan salah satu jenis bahan kimia untuk membuat sabun, shampo, odol yang sangat aman untuk kulit manusia, kendaraan dan lingkungan", ujar Drh. Herizalsyah.

Edichan Dt. Bagak ketua satgas relawan penanggulangan virus Corona RW 03 perumnas Kubang Gajah mengatakan tujuan dari pembentukan posko relawan ini adalah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Satgas ini terbentuk atas inisiatif semua warga penghuni perumnas Kubang Gajah yang di dukung oleh pemuda", ujar Dt. Bagak.

Sementara itu Endos, Ketua Pemuda RW 03 kelurahan Limbukan mengatakan kami telah membagi tugas kepada rekan-rekan pemuda untuk bertugas memantau warga perumnas Kubang Gajah yang keluar masuk perumahan.

"Secara teknisnya apabila ada warga pelajar atau mahasiswa yang keluar rumah maka di tanyakan tujuan kemana dan pulangnya kapan, kesepakatan ini sudah di setujui oleh para orang tua penghuni perumnas Kubang Gajah", ujar Endos.

Mira (50 th) salah seorang penghuni perumnas Kubang Gajah mengungkapkan apresiasi yang tinggi atas inisiatif mandiri warga perumahan demi mencegah penyebaran Covid-19.

"Semoga dengan prosedur pencegahan ini kita dapat terhindar dari penyebaran covid-19", harap Mira.

Anggota DPRD kota Payakumbuh Yanuar Ghazali, SE, ketika ditemui wartawan mengatakan hal ini sudah sesuai himbauan pemerintah setempat dan patut dicontoh komplek perumahan lain di kota Payakumbuh dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona.

"Ini adalah bentuk pengawasan mandiri dan sterilisasi warga dan kendaraan yang keluar masuk kompleks perumahan, ujar Udo sapaan akrab ketua DPC PDIP kota Payakumbuh ini. (Rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post