Salam sebagai Rahmat

By : Tita Noor 
Pemerhati Masyarakat

"assalamualaikum", mengucapkan salam dalam Islam sangat dianjurkan dan menjawabnya adalah sebuah kewajiban. Saat bertemu sesama muslim ucapan salam menjadi sesuatu hal yang sangat lazim kita dengar karena ucapan salam ini bagi kaum muslim diucapkan sebagai bentuk doa, cinta dan kasih sayang tidak sekedar ucapan basa basi tanpa arti. Tujuan mengucapkan salam adalah untuk mempererat tali silaturahmi, saling mendoakan dan memberikan rasa aman, nyaman dan tentram baik bagi yang memberikan ucapan salam maupun yang membalas salam tersebut. Begitu agungnya kedudukan salam dalam kehidupan bermasyarakat.

Munculnya wacana yang menggantikan salam " assalamualaikum " dengan ucapan " salam pancasila " yang diusulkan oleh ketua Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, menuai kontroversi. Salam pancasila sebagai salam kebangsaan harus diperkenalkan untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan memperkuat persatuan  yang dirasa semakin terganggu karena menguatnya sikap intoleran.

Salam dengan ucapan "Assalamualaikum " sejatinya sudah ada sejak Islam masuk ke Indonesia yang waktu itu masih berbentuk kerajaan/kesultanan dan sampai sekarang masih digunakan sebagai salam pembuka pada acara kenegaraan dan tidak pernah ada masalah.

Sebagai negara yang mayoritas muslim maka salam ini adalah salam yang mudah diterima oleh kalangan manapun, sebagai perekat bukan sebagai sumber masalah keragaman.

Salam "assalamualaikum"  adalah salam yang menyebarkan energi positif, melahirkan rasa kasih sayang, amalan mudah murah dan bernilai pahala disisi Alloh SWT. Insya Alloh..

Post a Comment

Previous Post Next Post