Kapolres Dony Setiawan Dukung LAN Limapuluh Kota Sebagai Lembaga Independen Perangi Narkoba


N3 Limapuluh Kota - Setelah diterbitkannya SK pengurus oleh DPP Pusat, dan terdaftar Kesbangpol, Lembaga Anti Narkoba (LAN) Kabupaten Limapuluh Kota langsung bergerak cepat melakukan koordinasi bersama stakeholder guna memperkuat keberadaan lembaga sosial tersebut.
Bahkan, tak tanggung-tanggung, Bupati Irfendi Arbi mendukung penuh dan siap memfasilitasi LAN bergerak untuk menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah dalam mempersempit ruang gerak peredaran narkoba.
“Betul, Bupati siap memfasilitasi kita dengan meminjamkan sebuah ruangan untuk sekretariat di kantor Bupati lama, dan juga akan memfasilitasi pelantikan pengurus di akhir Februari nanti,” kata Ketua LAN Limapuluh Kota Bahagia Rasyad.
Usai bersilaturahmi dengan kepala daerah hari ini, LAN bertemu dengan Kapolres Kota Payakumbuh. Turut didampingi Wakil Ketua Robby Muchsis dan Haris, Sekretaris Amalia Nofitri dan Wakil Nelfida, Bendahara Mardiani, dan pengurus lain bertemu dengan AKBP Donny Setiawan di ruangan kerjanya Selasa (4/2).
Kepada Kapolres, Bahagia Rasyad memaparkan sebagai lembaga baru, LAN ingin ikut memerangi narkoba dengan program prefentif, khususnya sebagai wadah masyarakat untuk berpartispasi, dan akan membentuk struktur dari kecamatan hingga ke sampai ke jorong.
“Kita sebagai masyarakat memiliki tanggung jawab moral terhadap permasalahan narkoba, sebagaimana amanah Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, yang memberikan ruang bagi masyarakat dalam berperan bersama-sama memberantas tumbuh dan berkembangnya narkotika,” kata Bahagia.
Bahagia menyebut, dengan tingginya kasus narkoba dewasa ini membuat pengurus LAN yang dimotori anak nagari merasa ini adalah PR besar untuk di hadapi kedepannya.
“Kita sudah siapkan MoU bersama Polres dan instansi lainnya terkait kasus ini, dimana nantinya LAN akan menjadi mitra Kepolisian dan BNN,” kata Bahagia.
Menanggapi hal ini, Kapolres Dony Setiawan sangat mendukung adanya LAN di Kabupaten Limapuluh Kota, malah Kapolres Dony Setiawan menanyakan apa strategi yang tepat dalam memberantas narkoba, dirinya juga berharap adanya sebuah konsep kegiatan yang jitu atas permasalahan ini.
Kapolres berharap LAN dapat berkomitmen untuk terus berdiri atas dasar semangat sukarela, semoga nanti tidak seperti organisasi lain pada umumnya yang bergantung pada bantuan dari daerah.
” Pertahankan independensi dan semangat LAN ini. Jangan bergantung kepada APBD, karena LAN lahir atas dasar sukarela, mau ada atau tidaknya bantuan anggaran, semangat LAN harus dapat dipertahankan terus seperti itu, terkonsep dengan baik, polemik sosial yang kita hadapi sekarang jauh lebih rumit dari zaman dahulu, menuntut keikhlasan dan kerja keras serta program kerja yang akurat agar tepat sasaran,” pesan Kapolres. (rstp_

Post a Comment

Previous Post Next Post