Wapres RI ingin Angka Stunting Turun Hingga 20 Persen












Kabupaten Malang - Wakil Presiden RI Prof. DR. (HC.) KH. Ma'aruf Amin, ingin angka stunting di Indonesia turun hingga 20%, dari angka sekitar 27% berdasarkan data yang diperoleh.

Hal ini disampaikan Wapres Ma'ruf, dalam kunjungan kerjanya usai menjumpai anak-anak yang mengidap Stunting dan ibu hamil di Balai Desa Tangkilsari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang, Rabu (27/11/19).

Menurut Ma'ruf, permasalahan stunting di Indonesia saat ini, perlu adanya upaya penanganan di Daerah.

"Saya melihat, di sini (Kabupaten Malang, sudah ada upaya serius, srperti penganan terhadap ibu hamil, penyediaan jamban, sanitasi dan air bersih serta gizi keluarga,' puji Wapres RI.

"Inilah penanganan yang terintegrasi dan kami lakukan juga di seluruh Indonesia," lanjut Ma'ruf.

KH. Ma'ruf Amin juga berkesempatan masuk ke aula untuk melihat data-data serta berbagai kerajinan yang telah disiapkan.

Ma'ruf juga melihat ke display pembangunan manusia, display hasil olahan masyarakat, home industri, hasil lukisan batik, pupuk cair, kompos, budidaya lele, hasil perkebunan, kemudian dilanjutkan menuju Puskesmas Pembantu, untuk menjumpai puluhan ibu-ibu yang sedang menggendong balita penderita Stunting.

Sementara, Bupati Malang Drs. H.M Sanusi, M.M menyampaikan, saat ini Pemerintah Kabupaten juga terus berupaya melakukan penanganan stunting.

“Penanganan stunting menjadi fokus kami, misalnya dalam memberikan pertolongan terbaik untuk ibu bersalin, sehingga dapat mengurangi sekecil mungkin angka kematian bayi,” Ujar Sanusi. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, para rombongan Wapres RI di antranya: Ibu Wury Estu Hanayani; Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki; Gubernur Jatim Dra. H. Khofifah Endar Parawansa; Mayjen TNI Wisnoe Prasetija Boedi; Kapolda Jatim Irjen Pol Lucky Hermawan dan Jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. 

Selain itu, Kapolres Malang AKBP. Yade Setiyawan Ujung, SH., SIK., MSi; Dandim 0818/Malang-Batu Letkol Inf. Fery Muzawwad; Kapolres Malang Kota AKBP. Dony Alexander dan Wadir Intelkam Polda Jatim AKBP Iwan Surya Ananta, SIK serta seluruh jajaran Forpimda Malang Raya. 

Sebelumnya, kedatangan Wapres RI beserta rombongan, disambut iringan Sholawat dari Grup Qadrah Desa Tangkilsari.

Usai bersua warga Kabupaten Malang, Wapres RI melanjutkan kunjungan ke Kota Malang, sebagai Keynote Speaker, dalam rangka Internasional Halal dan Thayyib Festival memperingati Diesnatalis ke 57 Universitas Brawijaya dan Universitas Islam (UI) Kota Malang.(kyt)

Post a Comment

Previous Post Next Post