Pendidikan Menjadi Pilar Peradaban Dunia

Oleh: Suratmi

Kondisi pendidikan di Indonesia kini justru sangat memprihatinkan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa capaian rendah. Berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh Kemendikbud terhadap 40.000 sekolah yang diadakan pada tahun 2012, 75% sekolah di Indonesia belum memenuhi Standar Layanan Minimal Pendidikan. Selanjutnya, Indonesia menempati posisi 10 negara berkinerja terendah pada Pemetaan The Learning Curve 2013. Menurut hasil pemetaan Universitas 21 pada tahun 2013, Indonesia menempati peringkat 49 dari 50 negara pada pemetaan mutu pendidikan. Dalam bidang literasi sains pemetaan TIMSS, Indonesia menempati peringkat 40 dari 42 negara. Menurut UNESCO, minat baca orang Indonesia berada pada 0,001 pada tahun 2012.7. Kurangnya perhatian pemerintah terhadap pendidikan yang berimbas pada kondisi pendidikan Indonesia yang sangat memprihatinkan serta didukung bonus demografi serta potensi jumlah penduduk sekolah sangat besar ternyata menarik penjual jasa pendidikan dari luar negeri. 

Mereka menghendaki Indonesia sebagai mangsa pasar. Astagfirullah sungguh memprihatinkan kita sebagai cinta negri harus selamatkan indonesia dari hegemoni kapitalisme global, Inilah bukti kebobrokan sistem neolib, buatan manusia yg lemah dan terbatas. Padahal islam punya aturannya. Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer dari satu generasi ke generasi berikutnya. 

Dari definisi tersebut, sangatlah jelas bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam segala aspek, termasuk dalam menentukan kemajuan suatu bangsa.

Terutama bagi para generasi muda yang mempunyai peranan sangat penting dalam keikutsertaan memajukan peradaban suatu bangsa. Proses pendidikan sangatlah berpengaruh terhadap kualitas generasi muda yang dihasilkan. 

Karena generasi muda adalah pihak yang paling menentukan bagaimana keadaan suatu bangsa di masa yang akan datang. Generasi muda yang baik dan berkualitas bisa diciptakan melalui proses pendidikan yang baik pula. 

Pendidikan yang baik akan menghasilkan generasi muda yang unggul dan berkualitas, yang nantinya akan berpengaruh kepada peradaban bangsa. Melalui pendidikan yang baik, akan menciptakan generasi muda yang mempunyai kemampuan yang hebat dalam mengatasi berbagai permasalahan suatu bangsa.

Bagi perkembangan peradaban manusia, pendidikan adalah transformasi budaya dari generasi ke generasi dengan membuka diri pada usur positif dari luar. 

Pendidikan juga bertanggung jawab terhadap generasi masa kini, artinya pendidikan tidak dapat pejam mata terhadap pengangguran dan harus mewujudkan kesejahteraan dalam kehidupan. 

Dan tugas yang paling berat bagi pendidikan adalah menyiapkan generasi masa depan dalam perkembangan kehidupan, yang dulu hidup dalam keadaan tradisional harus mempersiapkan generasi yang mampu menerobos kehidupan modern dan berperan aktif. Bukan solusi pendidikan di jadikan lahan bisnis yang menguntungkan sebagian pihak, yang ujungnya mendatangkan guru dari luar negeri, sementara dalam negeri sarjana banyak yang nganggur. Islam adalah satu satunya agama yang rahmatan lil'alamin bila di terpkan dalam aspek kehidupan. Ini sangat urgensi sekali, pendidikan yg  cemerlang dan gemilang dengan ideologi islam. 

Wallahua lam bi shawab.
Previous Post Next Post