Indonesia Indikator : Produktifitas Pemberitaan Sumbar Meningkat 2016

N3, Jakarta, Dibandingkan 2015 dari segi produktivitas isu pemberitaan, posisi Sumatera Barat mengalami peningkatan baik dari segi jumlah ekpos berita maupun peringkat secara nasional. Dimana pada tahun 2016 meningkatan pada posisi ke-11 yang mana tahun 2015 pada posisi ke-13. Sedangkan ekspos Gubernur Irwan Prayitno stagnan berada pada posisi ke-13 secara nasional. Namun dari segi kuantitas ekspos berita mengalami peningkatan sebanyak 3.848 berita.
Hal ini terkait dengan hasil laporan dan pengamatan selama tahun 2016  dari program Inteligent Media Management (IMM) Indonesia Indicator tanggal 22 Desember 2016.
Direktur Komunikasi Indonesia Indikator yang juga pengamat analisis media online Rustika Herlambang secara umum kondisi stabilitas informasi terkait apresiasi isu pemberitaan Sumatera Barat selama tahun 2016 menurun. Kondisi ini tentunya juga terkait dampak pemberitaan kasus 12 ruas jalan dan kasus import gula yang begitu tinggi sehingga menekan isu pemberitaan image positif Sumatera Barat.
Begitu juga terhadap figure Gubernur Irwan Prayitno yang pada tahun 2015 masuk 10 top Pimpinan Daerah, berada pada posisi 7, tahun 2016 ini menurun pada posisi 13, ini sesuatu yang perlu menjadi pemikiran bagi Humas Pemprov untuk berkinerja lebih baik lagi, harapnya.
Sementara dibandingkan 2015 dari segi produktivitas isu, posisi Sumatera Barat mengalami peningkatan baik dari segi jumlah ekpos berita maupun peringkat secara nasional. Dimana pada tahun 2016 meningkatan pada posisi ke-11.
Sentimen pemberitaan selama setahun Sumatera Barat didominasi oleh sentimen positif. Hal ini tentunya berkaitan dengan kesiagapan dalam menanggapi bencana, beragam program untuk mengembangkan potensi wisata seperti Tour De Singkarak, Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, dan Wisata Halal.
Dari segi kuantitas, isu yang paling dominan terkait beragam laporan media mengenai bencana alam seperti banjir, longsor, gempa bumi, hingga erupsi. Di sisi lain secara berturut-turut isu kriminalitas, peredaran narkoba, dan titik api juga masih tinggi.
Tentunya hal ini menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah daerah untuk membuat program kerja yang bersentuhan dengan permasalahan tersebut agar di tahun berikutnya dapat dikurangi kejadiannya. Sedangkan isu dominan yang melekat terhadap figur Gubernur Irwan Prayitno terkait komitmennya dalam memberdayakan UMKM, pengembangan Wisata Halal, dan Tour De Singkarak. Humas

Post a Comment

Previous Post Next Post