Dra.Erlinawati : "Interaksi Guru dan Orangtua Tentukan Perkembangan Anak"

N3, Padang ~ Hari ini SMP Negeri 3 Padang mengundang dan melakukan pertemuan dengan seluruh wali murid, yang bertujuan untuk membahas bagaimana peran serta meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan terhadap anak dengan melakukan kolaborasi antara guru, walimurid dan anak didik.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Padang Dra.Erlinawati yang didampingi Wali Kelas 8/4 Erna Benta dalam penyampaiannya menjelaskan bahwa peranan orang tua memberi dampak yang signifikan terhadap hasil proses pendidikan. Awal mula pendidikan di mulai dari keluarga sebelum masuk jalur pendidikan formal. Ketika siswa/anak didik telah masuk jalur pendidikan formal tidak berarti tanggung jawab pendidikan sepenuhnya berpindah ke tangan guru/pendidik. Peranan orangtua juga sangat menentukan tingkat perkembangan anak dalam menempuh pendidikan.  

Orangtua, guru, dan anak didik sebenarnya terlibat aktif dan langsung dalam berbagai aktivitas budaya. Walaupun posisi untuk setiap elemen tersebut berbeda-beda, tetapi tetap saling mendukung. 

Keadaan saling mendukung itulah yang menuntut adanya hubungan interaksi antara guru/pendidik dengan orangtua. Karena sistem pendidikan Indonesia tidak terlepas dari dukungan dan pantauan orangtua. Guru dan orangtua harus benar-benar memperhatikan setiap hubungan yang terjalin. Fenomena yang terlihat seolah-olah antara guru dan orangtua seperti ada pengotakan-pengotakan. 

Artinya guru seperti membatasi ruang gerak orangtua dan orangtua membatasi ruang gerak guru. Belum lagi ditambah bila ada permasalahan pribadi antara guru dan orangtua. Kenyataan inilah yang sebenaranya perlu diluruskan karena sebenarnya kedudukan orangtua dan guru dihadapan anak adalah panutan atau teladan.

Jadi, posisinya sama. Orangtua memberi rasa aman dan kepercayaan pada anak guru juga melakukan hal itu. Sehingga apa yang didapatkan oleh anak di rumah sama dengan di sekolah dari segi perlakuan walaupun tidak menutup kemungkinan ada memang hal-hal yang tidak sama, ucapnya mengakhiri.
Previous Post Next Post