12 Tips Membeli Laptop yang Berkualitas

1. Desain Laptop

tips membeli laptop - desain laptopTentunya kamu nggak ingin melewatkan sebuah inovasi bukan? Saat ini banyak banget model laptop dengan desain yang sangat tipis, apalagi model 2-in-1 yang bisa dilepas-pasang keyboard-nya. Terlepas dari desainnya yang bikin orang melirik, yang harus benar-benar kamu perhatikan adalah ketahanannya, terutama bagian engsel 360 derajatnya.
Sangat disarankan, sebelum kamu memutuskan untuk membeli, kamu harus cobain dulu demo unitnya. Pegang dan rasakan sendiri, apakah laptop tersebut punya desain yang solid atau rapuh. Apakah dapat bertahan jika terjatuh, apalagi buat kamu yang tertarik membeli ultrabook atau perangkat 2-in-1. Kamu harus memastikan bahwa laptop incaran kamu benar-benar punya ketahanan yang bagus.

2. Kenyamanan Keyboard

tips membeli laptop berkualitas - kenyamanan keyboardTidak dipungkiri, spesifikasi tinggi dan desain laptop menjadi kriteria utama ketika memilih laptop. Namun, harus diingat juga kalau kamu akan menghabiskan waktu yang lama dengan laptop kamu. Jadi menurut Jaka, hal yang lebih penting dari sekadar bentuk laptop adalah kenyamanan keyboard-nya.
Kamu harus merasakan sendiri, apakah keyboard laptop terasa nyaman di tangan? Karena hampir semua aktivitas akan mengandalkan keyboard, apalagi buat kamu yang berkutat menulis artikel. Hal-hal seperti jarak antar-tombol keyboard, lampu keyboard, maupun tombol keyboard saat ditekan, haruslah benar-benar nyaman digunakan untuk waktu yang lama.

3. Konvensional vs Hybrid

tips membeli laptop 2-in-1
Laptop konvensional memang sangat membantu kamu dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, meskipun ukurannya agak merepotkan untuk dibawa-bawa serta bobotnya cukup berat. Tapi sekarang tidak perlu khawatir lagi. Perkembangan perangkat laptop 2-in-1 atau hybrid ini memungkinkan kamu memiliki tablet dan notebook dalam ukuran yang nyaman.
Jadi, pilih laptop konvensional atau hybrid? Sebenarnya poin ini bertentangan dengan poin 1 dan 2 mengenai kenyamanan menggunakan laptop. Namun, tentunya kembali lagi pada kebutuhan kamu. Jika kamu memang membutuhkan laptop yang portabel dan hanya untuk pekerjaan yang ringan, mungkin kamu memang cocok menggunakan laptop 2-in-1.

4. Dukungan Fitur Keamanan Tambahan

Laptop tentunya menyimpan banyak sekali data-data penting. Maka, mengamankan laptop hanya dengan password tentu tidak cukup aman. Karena pengamanan password bisa dengan mudah dijebol. Buat kamu yang sangat memprioritaskan soal keamanan, tentu kamu memang harus mencari laptop dengan fitur keamanan yang lebih kuat seperti Fingerprint sensor atau Windows Hello.
tips membeli laptop windows helloWindows Hello adalah salah satu fitur canggih terbaru di sistem operasi Windows 10, yakni penggunaan otentikasi biometrik berupa identifikasi wajah, sidik jari serta iris mata untuk menggantikan password. Windows Hello ini dipastikan lebih aman karena tak hanya membutuhkan software, laptop ini juga membutuhkan dukungan hardware khusus, seperti kamera RealSense 3D dan sensor inframerah sehingga tidak akan bisa dijebol.

5. Ketahui Apa Kebutuhan Kamu

tips membeli laptop seuaikan dengan kebutuhan
Tips membeli laptop berkualitas berikutnya adalah coba tanyakan pada diri sendiri, "Buat kebutuhan apa kamu membeli laptop?" Apakah hanya untuk browsing, membuka email, dan mengedit foto dengan Photoshop? Atau, untuk keperluan desain grafis, edit video, bahkan gaming? Tentu beda keperluan, beda juga spesifikasi yang dibutuhkan. Misalnya, jika kamu seorang gamers sejati, kamu bisa melirik laptop gaming ASUS ROG atau Acer Predator.

6. Spesifikasi Teknis yang Tepat

tips membeli laptop berkualitasSetelah kamu mengetahui apa kebutuhan kamu, langkah selanjutnya adalah memilih spesifikasi yang tepat. Misalnya, prosesor super cepat untuk encoding video, atau VGA khusus untuk game. Ya, kamu harus memilih spesifikasi laptop yang tepat. Pastikan juga kamu mendapatkan harddisk dengan kapasitas yang cukup besar untuk menampung semua data kamu. Sementara buat kamu yang sangat membutuhkan kecepatan, pastikan laptop memiliki solid state drive.

7. Portabilitas

tips membeli laptop portableNah, buat kamu yang punya mobilitas tinggi dan harus membawa laptop ke mana pun kamu pergi, ukuran dan berat laptop harus diperhatikan. Hal ini tentu saja agar tidak merepotkan saat di perjalanan. Namun, pastikan desainnya solid dan tidak ringkih, mengingat harus dibawa ke mana-mana. Sementara, buat kamu yang jarang membawa laptop ke mana-mana dan lebih banyak menggunakan laptop di kantor atau di rumah, bisa membeli laptop dengan ukuran layar yang lebih besar, misalnya 17 inci.

8. Daya Tahan Baterai

tips membeli smartphone - daya tahan bateraiSoal yang satu ini, jujur saja cukup mengecewakan. Ya, kebanyakan laptop yang beredar saat ini tidak menawarkan daya tahan baterai yang cukup lama. Maksimal hanya sampai 6-8 jam. Nah, buat kamu yang harus kerja kapan dan di mana saja, ketahanan baterai jelas menjadi prioritas utama juga.
Nah, ketahanan baterai ini memang sulit untuk diukur karena ditentukan oleh banyak faktor, terutama aplikasi yang dijalankan dan jenis prosesor yang digunakan. Untuk mendapatkan yang terbaik, kamu bisa membaca review laptop incaran kamu. Nantinya, kamu juga harus rajin melakukan perawatan baterai dengan baik untuk menjaga kualitas dan daya tahan baterai tetap awet.

9. Kualitas Layar

tips membeli laptop layarBerbeda dengan kualitas layar smartphone yang makin menakjubkan. Kualitas layar di laptop tergolong mengecewakan, apalagi untuk laptop murah. Nah, yang harus diperhatikan mengenai kualitas layar antara lain jenis layar yang digunakan, resolusi layar, dan sudut pandang penglihatan layar. Sangat terlihat adanya perbedaan antara layar pada laptop mahal bila dibandingkan dengan layar pada laptop murah. Warna harus jelas dan monitor harus memiliki berbagai pengaturan brightness untuk menyesuaikan tampilan.

10. Peningkatan Kinerja

tips membeli laptop -upgrade ramPerforma laptop biasanya bakal menurun seiring dengan perjalanan waktu. Bagaimana jika kebutuhan kamu akan laptop tiba-tiba meningkat? Nah, kebanyakan laptop tidak akan bekerja dengan baik tanpa adanya upgrade. Biasanya vendor menyediakan kemampuan yang memungkinkan kamu dapat mengganti RAM dan mungkin harddrive. Jadi, cari tahu bagaimana kemampuan upgrade dari laptop dan apakah ada pembatalan garansi dengan melakukan upgrade tersebut.

11. Kelengkapan Konektivitas

tips membeli smartphone kelengkapan koneksi
Kelengkapan konektivitas juga tak kalah penting. Mulai dari USB, port ini sangat diperlukan karena kebanyakan dari perangkat pendukung lainnya seperti mouse, flashdisk, modem, memory card dan lain sebagainya membutuhkan port USB untuk menyambungkan ke laptop. Jadi, pilihlah laptop yang memiliki port USB setidaknya 3 buah. Selain itu, port pendukung lain yang juga harus ada yakni port HDMI/VGA, port LAN, dan juga WiFi.

12. Garansi dan Layanan Purna Jual

tips membeli laptop berkualitas - service centerGaransi tentunya juga merupakan hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli laptop. Biasanya lamanya waktu garansi dapat menjadi acuan, apakah produk itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Misalnya laptop ASUS, mereka berani memberikan garansi sampai dengan 2 tahun. Namun, apalah artinya garansi jika tidak diiringi kualitas layanan service center yang memadai? Kamu juga harus mencari informasi, mengenai ketersediaan service center terutama di kota kamu. Ini akan mempermudah kamu, siapa tau ke depannya ada kendala atau kerusakan. sumber : int
Previous Post Next Post