Pergelaran TdS Munculkan Destinasi Wisata Baru di Sumbar

N3~Efek domino dari ajang balap sepeda internasional di Asia, Tour de Singkarak (TdS), berdampak cukup besar terhadap wisata Sumatera Barat.

Sejak digelar sejak tahun 2009 tujuan awal digelarnya TdS sudah memberikan hasil, ini yang disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat pembukaan Tour de Singkarak 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, beberapa waktu lalu. “Terbukti bahwa sport tourism sanggup mengangkat destinasi Sumatera Barat di level global,” tambahnya

Ungkapan senada juga diamini  Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

“Setelah tujuh kali digelar, TdS ternyata memunculkan destinasi wisata baru yang makin dikenal. Tidak lagi Danau Singkarak, tapi juga Pantai Carocok, Pantai Gandoriah, Pantai Padang, Lembah Harau, Kelok 9, Pantai Tiram, juga Istana Pagaruyuang,” sebut Irwan 

Selain tempat tersebut ada juga Masjid Raya Sumbar, Tugu Perdamaian dan Tugu IORA yang sudah dijadikan tempat berfoto bagi para wisatawan. Ia menambahkan.

Makin banyaknya dikenal destinasi baru pariwisata Sumabr dikarenakan Start dan Finish setiap etape berada di destinasi wisata. Selain itu, lebih seribu kilometer jalan yang diperbaiki setiap tahun untuk jalur balap sepeda menyebabkan semakin lancarnya arus orang, barang dan jasa. Hal itu memudahkan wisatawan mengunjungi berbagai destinasi wisata Sumbar. (mond)
Previous Post Next Post