Wahyu:Perbaikan Drainase,Irigasi dan Program Mitigasi Bencana.

N3, Padang ~ Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra menekankan pembangunan Kota Padang kedepan harus diarahkan untuk perbaikan irigasi dan drainase serta program mitigasi bencana.

Hal itu dikatakan terkait rencana pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota Padang pada Rabu (30/3) mendatang. "Kita bisa belajar dari bencana baik gempa maupun banjir yang terjadi baru-baru ini,sehingga pada Musrembang nanti, kita tahu apa yang harus menjadi prioritas pembangunan," katanya, Selasa (29/3)

Menurutnya, akibat bencana banjir yang melanda hampir sebagian Kota Padang menunjukkan pembenahan irigasi dan drainase masih belum jadi perhatian serius, sehingga mengakibatkan meluapnya air dan merendam kota.

Selain itu, juga banyaknya saluran irigasi yang jebol yang tentu perlu pembenahan segera sehingga tidak menganggu perekonomian petani. Disamping itu, program mitigasi bencana juga perlu diperhatikan, karena pada peristiwa gempa terakhir, terlihat kesiapan masyarakat masih minim.

Program mitigasi perlu diperkuat lagi. Sebab dari yang terlihat saat terjadi gempa, masyarakat yang justru dekat dengan shelter masih juga mengungsi.

Selanjutnya, prioritas pembangunan yang tercantum dalam program unggulan (progul) walikota dan wakil walikota dalam 10 program di visi misinya. "Bagaimana pembangunan sarana perekonomian kota seperti pasar, terminal, pemerataan mutu pendidikan, insfrastruktur dan transportasi," katanya.

Kemudian pengembangan industri pariwisata, kelautan, pemberdayaan masyarakat pesisir berbasis ekonomi kreatif. Dia juga mengingatkan soal penataan ruang, RTRW juga perlu diperhatikan. "Juga soal pelayanan kesehatan masyarakat sampai dimana. Ini juga tentu perlu perhatian.

Disampaikan,kedepan dalam pembangunan kota soal perencanaan memang perlu dipersiapkan secara matang. "Jangan sampai asal-asalan saja yang hasilnya jadi tidak maksimal,"ungkapnya.(M7).
Previous Post Next Post