Lestarikan Adat dan Budaya Minangkabau, Peran Bundo Kanduang

N3, Padang ~ Bundo Kanduang adalah sebuah organisasi yang terdiri dari kaum ibu yang diakui keberadaan dan peranannya di daerah Minangkabau. Untuk itu, organisasi yang berdampingan dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) ini, harus mampu melestarikan dan mewarisi nilai-nilai adat dan budaya minangkabau khususnya di Kota Padang.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi, sewaktu membuka kegiatan pembekalan bagi Pengurus Bundo Kanduang kelurahan dan kecamatan se Kota Padang, yang bertempat di Gedung Genta Budaya Padang, Kamis (31/3).

“Bundo Kanduang ibarat ibu yang sejati dan sekaligus pemimpin. Di dalam adat dan budaya minangkabau, ia harus memiliki sifat-sifat teladan dan senantiasa memberikan contoh yang baik khususnya bagi kalangan anak-anak dan lingkungannya,” sebut Wawako.

Wawako melanjutkan, ia berharap pembekalan tersebut memberikan penguatan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) Bundo Kanduang yang ada di Kota Padang. Ini mengingat, Bundo Kanduang memiliki peran yang sangat sentral terutama bagi kalangan generasi muda agar tidak mudah terbawa arus pergaulan dan perbuatan yang negatif.

“Oleh karena itu, mari kita awasi anak-anak kita bagaimana pergaulannya, tutur katanya, cara berpakaian dan semua tindak-tanduknya. Semoga dalam hal ini para Bundo Kanduang akan memiliki persepsi dan tekad yang sama demi menjadikan masyarakat kita yang beradat, berbudaya dan beragama. Sesuai prinsip kita di minangkabau, adat basandi syara'-syara' basandi kitabullah,” tukasnya. **
Previous Post Next Post