Tujuh Partai di Kota Padang Bentuk Koalisi

N3, Padang ~ Dinamika politik di gedung Bundar Sawahan terus bergejolak. Dari lobi-lobi politik, kesepakatan jangka panjang lahir. Salah satunya, disinyalir terbentuknya koalisi tujuh partai.

Tujuh koalisi partai yang terbentuk, yaitu Gerindra, Demokrat, Golkar, PDI-P, Hanura, PKB, dan PBB. Di DPRD Padang sendiri, tergabung 26 orang anggota dewan. Mereka berasal dari 5 fraksi,"hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra.

Wahyu Iramana Putra mengatakan hal itu menjadi lima fraksi, sebutnya, karena terdapat fraksi yang merupakan gabungan dari dua partai di DPRD Padang. Seperti Partai Golkar dan PBB yang tergabung dalam fraksi Golkar Bulan Bintang, dan fraksi Perjuangan Bangsa yang merupakan gabungan dari PDI-P dan PKB.

Disebutkan, koalisi tersebut diketuai oleh Afrizal dari Gerindra, Wakil ketua Januardi Sumka dari Demokrat. Sedangkan untuk ketua harian, berasal dari Golkar, yakni Wahyu Iramana Putra, Sekretaris dari Hanura, Yendril dan Bendahara dari Gerindra, Delma Putra. "Koalisi ini terbentuk karena memiliki kesamaan visi yang arahnya untuk menjaga dan menyukseskan program Pemko Padang, kata Ketua DPC Golkar Padang itu,”katanya.

Koalisi ini ke depan juga dapat mengingatkan pemko jika bertele-tele dalam mengambil kebijakan. Wahyu Iramana Putra yang juga Wakil Ketua Dprd Padang itu mengingatkan, agar walikota berhati-hati dalam mengambil kebijakan untuk Kota Padang kedepannya. Menurutnya, koalisi tersbut sudah dituangkan dalam bentuk tertulis dan legal.

"Koalisi ini akan ada hingga 2019 nanti. Bersama-sama dengan 26 anggota dewan yang ada, akan memiliki visi yang sama, guna membangun kota Padang untuk kedepannya," tutup Wahyu.

Diketahui, saat ini ada sembilan fraksi di Dprd Padang. Jika lima tergabung, berarti tinggal empat fraksi yang berada diluar kolisi. Yakni, fraksi Nasdem, fraksi PAN, fraksi PPP dan fraksi PKS. (M7)
Previous Post Next Post