Menkes RI Apresiasi Sumatera Barat

N3, Jakarta ~ Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F Djuwit Moeloek memuji tiga provinsi yang ada di Indonesia. Ketiga provinsi itu yakni Sumatera Barat, Sulawesi Selatan dan Jawa Timur. Ketiga provinsi itu penyumbang kabupaten / kota terbanyak yang meraih penghargaan kabupaten / kota sehat tahun 2015.

Hal ini diungkapkannya pada saat pemberian penghargaan kabupaten / kota sehat 2015 di Hotel Bidakara Jakarta. “Saya ucapkan terimakasih kepada ketiga daerah ini. Kita beri tepuk tangan,” ujar Nila yang kemudian disambut dengan tepuk tangan hadirin yang hadir malam itu.

Nila mengatakan, ketiga provinsi itu telah mempu melakukan pembinaan yang baik di wilayahnya. Nila juga berharap, tahun depan jumlah daerah yang berhasil dalam kesehatan akan lebih banyak lagi.

“Daerah yang meraih penghargaan kali ini tidak hanya mampu memberikan pelayanan baik kepada masyarakat,” ujarnya.

Seperti diketahui, dalam penerimaan penghargaan kabupaten / kota sehat 2015, di Sumatera Barat sebanyak 16 kabupaten / kota (termasuk Kota Padang-red) berhasil meraih penghargaan dengan berbagai kategori. Ditekankan Nila, pemerintah diwajibkan untuk mendorong, meningkatkan peran dan dukungan terhadap pembangunan kesehatan.

“Keberhasilan peningkatan kesehatan sangat ditentukan oleh dukungan semua pihak, dari jajaran pemerintah pusat dan daerah termasuk masyarakat serta lainnya,” sebutnya.

Pada malam anugerah itu, juga diserahkan sertifikat eliminasi malaria kepada kabupaten / kota pemenang. Nila menyebut saat ini di Indonesia sudah 74 persen masyarakat Indonesia yang bebas malaria. “Untuk malaria telah menggembirakan, tetapi tetap punya pekerjaan rumah terutama di daerah timur Indonesia. Eliminasi akan kita tingkatkan dalam waktu tidak terlalu lama,” tegasnya.(Charlie)
Previous Post Next Post