Padang Miliki Tempat Evakuasi Sementara


N3, Padang ~ Kota Padang berada di sepanjang pesisir pantai. Hal ini memungkinkan terjadinya bencana alam. Seperti gempa dan tsunami.

Agar masyarakat dapat dievakuasi dengan baik saat terjadi bencana, Pemerintah Kota Padang membangun Tempat Evakuasi Sementara (TES) di Kecamatan Padang Utara. Lokasi gedung TES terletak di Wisma Warta, Ulak Karang Utara.

Pengerjaan TES ini dilakukan PT Laga Pratama Interindo. Dana pembangunan melalui APBD Kota Padang ini bernilai Rp 12 Miliar lebih dengan estimasi pekerjaan selama seratus tiga puluh hari kalender.

Lokasi pengerjaan TES ini ditinjau langsung Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo, belum lama ini. Wako bersama jajaran kerjanya melihat langsung ke lokasi yang tak jauh dari Masjid Babussalam, Wisma Warta. Terlihat ikut bersama Wako diantaranya Camat Padang Utara Teddi, Kepala DKP Afrizal Khaidir, Kepala Dinas Pasar Hendrizal, Kepala Dishubkominfo Rudi Rinaldi, Kabag Humas dan Protokol Mursalim dan lainnya. Walikota berharap agar proyek pembangunan TES dapat selesai tepat waktu.

“Harapan kita TES dengan tujuh lantai ini cepat selesai dan tepat waktu,” ujar Wako.

Setelah melihat TES, Wako lantas melihat kondisi tali bandar yang ada di sepanjang jalan di Wisma Warta I. Wako mendapati tali bandar yang tertimbun tanah dan perlu dikeruk. Apabila terjadi hujan, banjir kerap melanda daerah ini.

“Daerah ini berada lebih rendah dari laut. Jadi bila terjadi hujan langsung banjir,” lapor Camat Padang Utara Teddi kepada Wako.

Wako berharap agar masyarakat setempat untuk membersihkan tali bandar yang ada. Warga diharapkan untuk bergotongroyong bersama membersihkan tali bandar di depan rumah masing-masing.

Teddi juga melaporkan kepada Walikota bahwa sejumlah pembangunan tengah dilakukan di Padang Utara. Tahun ini Kementerian PU akan membangun shelter dengan memakan anggaran sebesar Rp 40 Miliar. Selain itu Padang Utara juga akan memiliki bank sampah. Bank sampah itu nantinya akan menampung setiap sampah milik warga.**
Previous Post Next Post