Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan

Nn, Tips ~ Buah yang mirip dengan duku ini ternyata memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan. Bahkan kandungan zat besi, kalori, dan mineral dari buah langsat ini setingkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan jeruk dan apel. Sekarang saatnya untuk mengetahui untuk beberapa khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya :

Memperlancar Pencernaan
Kandungan serat atau dietary fiber yang terkandung didalamnya akan membantu tubuh dalam proses pencernaan. Masalah seperti BAB yang tidak teratur juga dapat dibantu teratasi.

Obat demam dan cacingan
Biji langsat memiliki rasa pahit, dan ini bisa dijadikan sebagai obat alami untuk cacingan dan demam.

Mencegah penyakit kanker kolon

Kulit buah langsat adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mencegah kanker kolon. Selain itu juga membantu mengatasi radikal bebas dalam tubuh.

Menyehatkan kulit
 
Ekstrak buah langsat adalah salah satu zat yang bisa menghambat enzim tirosinase. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan kulit.

Obat Nyamuk Alami
 
Pakar IPB, telah melakukan sebuah uji coba bahwa ternyata kulit langsat bisa digunakan sebagai obat nyamuk alami. Kita tahu bahwa sekarang ini banyak obat anti nyamuk yang justru tidak bagus bagi kesehatan manusia. Sampai-sampai bisa menyebabkan penyakit seperti infeksi pada saluran pernapasan. Pada kulit langsat memiliki sifat yang basah walaupun rasanya asam manis. Untuk rendaman sebanyak 100 gr kulit langsat ke dalam 50 ml aquadest, pH sekitar 8-9.

Mengobati sengatan serangga
 
Selain buahnya, kulit kayu langsat ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat akibat dari sengatan serangga, yaitu seperti penyakit malaria, disentri, dan mengatasi sengatan kalajengking.  

sumber : http://www.kesehatanpedia.com
Previous Post Next Post