Kalahkan Bayern Secara Dramatis, Dortmund Melangkah Ke Final DFB Pokal

Nn, Munich ~ Bertandang ke markas milik Bayern Munchen di Allianz Arena pada Rabu dinihari tadi tidak membuat ciut nyali pemain Dortmund. Kemenangan dramatis melalui adu penalti mengantarkan Dortmund ke final piala DFB Pokal Jerman.

Walau sempat tertinggal melalui gol penyerang asal Polandia milik Bayern Robert Lewandowski tak membuat punggawa Dortmund gentar. Buktinya Pierre Emerick Aubamyeang berhasil menyamakan skor menjadi 1-1, dan skor tersebut bertahan hingga babak tambahan waktu.

Memulai laga pemain Bayern nampak percaya diri turun merumput karena telah menjadi juara Bundesliga Jerman akhir pekan lalu. Begitu juga dengan pelatih Pep Guardiola dengan menurunkan starting XI terbaiknya, pelatih asal spanyol ini ingin merebut treble winner karena Bayern masih bermain di ajang Liga Champions dan telah dipastikan juara Bundesliga. Bagi Jurgen Klopp ini merupakan pertandingan Der Klasikker terakhirnya, karena diakhir musim pelatih eksentrik ini akan meninggalkan Dortmund.

Laga berjalan sulit untuk Dortmund, Bayern terus menekan pertahan tim tamu hingga akhirnya mantan penyerang mereka Lewandowski berhasil merobek jala Mitchell Langerak di menit ke-30.

Dortmund nyaris tidak berdaya hampir selama 75 menit pertandingan berlangsung. Melihat situasi ini pelatih Jurgen Klopp memasukan penyerang asal Armenia Henrikh Mkhitaryan. Masuknya penyerang asal Armenia ini memberi hoki pada Dortmund, lima menit setelah masuk lapangan bola chip yang dikirimnya ke mulut gawang Bayern berhasil dikonversi menjadi gol oleh Aubameyang. Bola sliding Aubameyang berhasil ditepis keluar kiper Bayern Manuel Neuer, namun wasit menyatakan bola tersebut telah melewati garis gawang terlebih dahulu.

Satu gol dari Aubameyang memaksa pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Memasuki di menit ke-108 Dortmund tampil timpang setelah Kevin Kampl menerima kartu kunung keduanya dan meninggalkan lapangan pertandingan. Kehilangan Kampl membuat Dortmund menumpuk pemainnya di lini tengah dan belakang guna meredam serangan Bayern.

Sampai babak perpanjangan waktu habis skor tetap bertahan imbang 1-1, dan pertandinganpun memasuki drama adu penalti.

Dibabak adu penalti nampaknya dewi fortuna menjauh dari Bayern, karena dua penendang pertama mereka Philipp Lahm dan Xabi Alonso gagal mengeksekusi penalti. Sementara eksekusi Ilkay Gundogan dan Sebastian Kehl berhasil mengecoh Neuer. Sialnya Mario Goetze yang juga manta punggawa Dortmund gagal melesakan eksekusinya, begitu juga dengan Mats Hummels yang maju sebagai eksekutor ketiga Dortmund. Akhirnya bencana datang bagi tuan rumah, Manuel Neuer penjaga gawang Bayern yang menjadi algojo keempat gagal menjalankan tugasnya dengan sempurna, secara dramatis Dortmund lolos ke final dengan mengalahkan Bayern via adu penalti dengan skor 0-2.

Gol:
Robert Lewandowski 29
’/ Pierre Emerick Aubameyang 75′

Bayern Munchen (3-5-2): Neuer; Rafinha, Boateng, Benatia; Weiser, Lahm, Alonso, Thiago (Robben ’68), Bernat; Lewandowski, Muller (Schweinsteiger ’76)

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Langerak; Durm, Sokratis, Hummels, Schmelzer; Bender (Kehl ’90), Gundogan; Blaszczykowski, Kagawa ( Mkhitaryan ’70), Reus; Aubameyang.(Alang)

Previous Post Next Post