Wujudkan Padang Bersih, SD 02 Bentuk Karakter Building Siswa


nusantaranews~Program Padang bersih yang dicanangkan Walikota Padang, mendapat sambutan yang antusias dari lingkup instansi Kota Padang, terutama Sekolah Dasar Negeri 02 Ulak Karang Selatan.

“Kami selaku pihak sekolah telah berupaya menciptakan lingkungan bersih di area sekolah SD Negeri 02, dengan menata para pedagang yang berjualan di lingkungan sekolah. Selain dengan menambah bak sampah di lingkungan SD Negeri 02 tentunya.” ungkap Setnawarni selaku Kepala Sekolah SD Negeri 02, kala dijumpai diruangannya, Selasa (18/11).

Demi menciptakan generasi masa depan yang baik, pihak sekolah berupaya membentuk karakter building siswa dengan menanamkan kedisiplinan kepada peserta didik, agar nantinya terbentuk generasi yang berjiwa sehat baik secara jasmani maupun rohani, tukas Setnawarni.

Selain itu, terciptanya lingkungan yang bersih disekolah, Proses Belajar Mengajar (PBM) menjadi menyenangkan, tambah beliau.

“Seperti arahan dan intruksi dari Walikota Padang untuk menciptakan Padang bersih, sudah kami laksanakan sebelumnya. Karena seperti hadist Nabi Muhammad kebersihan sebagaian dari iman. Dan itu harus terwujud mulai dari lingkungan terkecil terlebih dahulu. Maka dari itu SD Negeri 02 UKS berupaya mewujudkannya di lingkungan sekolah dengan menanamkan jiwa disiplin terhadap anak didik.” ungkap Setnawarni.

Saat ini SD Negeri 02 UKS, layak dijadikan contoh. Selain bersih SD Negeri 02 terlihat asri dengan taman dan kolam yang ada disekolah tersebut.

Walau sudah bersih, namun pihak sekolah tetap berupaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan menambah bak sampah serta rutin mengadakan gotong royong bersama antara murid dengan guru, dua minggu sekali. Ini bertujuan selain menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat juga mempererat hubungan murid dengan guru, pungkas Setnawarni. (mond)
Previous Post Next Post