SDN 02 UKS Ikuti Ajang Budaya Mutu


Nusantaranews ~ Sekolah Dasar Negeri 02 Ulak Karang Selatan, terpilih mengikuti Lomba Budaya Mutu (LBM) yang diprakarsai Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional. LBM ini bertujuan untuk mencari sekolah dengan budaya dan mutu terbaik se-Indonesia.

Kategori yang diperlombakan ada tujuh macam :
  1. Lomba Budaya Mutu Pembelajaran Interkulikuler
  2. Lomba Budaya Mutu pembelajaran Ekstrakulikuler/grup olahraga
  3. Lomba Budaya Mutu pembelajaran Ekstrakulikuler seni
  4. Lomba Budaya Mutu manajemen berbasis sekolah
  5. Lomba Budaya Mutu bersih dan sehat
  6. Lomba Budaya Mutu perpustakaan sekolah
  7. Lomba sekolah Berbudaya Mutu
“Insya Allah SDN 02 UKS, memenuhi semua kriteria lomba yang dipertandingkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional.” Ungkap Setnawarni, Kepala Sekolah SDN 02, saat dijumpai www.nusantaranews.net diruangan kerjanya, Rabu (24/9).

Selain itu Setnawarni menambahakan, lomba ini berguna juga untuk membentuk karakter building para anak didiknya. “Akhir-akhir ini budaya ketimuran mulai terkikis, dengan masuknya budaya asing ke Indonesia. Maka dari itu perlu ditekankan pada anak didik untuk menjaga dan melestarikan budaya ketimuran dengan memberikan pembelajaran yang bermutu dan bermanfaat bagi anak didik. Sehingga kelestarian budaya ketimuran tidak terkikis dengan perkembangan jaman. Katanya lagi.

Tujuan dari Kementrian Pendidikan Nasional memperlombakan ajang ini untuk mewujudkan sekolah dasar sebagai basic yang memiliki budaya mutu dalam memberikan layanan prima dan menjadi bench mark (patok dagu) bagi sekolah lain dan sekitarnya dan acuan bagi Pembina para pemangku kepentingan.
“Perlombaan ini sangat selaras dengan misi sekolah, yang mana menanamkan moral dan perilaku baik pada diri anak didik sehingga terwujudnya insan yang berakhlak kharimah”, beber Setnawarni.

Lomba Budaya Mutu ini sedang berlangsung, terhitung sejak tanggal 11 Agustus 2014, direktorat telah melakukan penilaiannya terhadap seluruh Sekolah Dasar di 34 Provinsi di Indonesia. Yang mana nantinya penilaian akhir atau Grand Final akan berlangsung di Surabaya Jawa Timur pada tanggal 22-25 September 2014.

 Setnawarni berharap SDN 02 Ulak Karang Selatan bias meraih hasil yang membanggakan, pungkasnya pada www.nusantaranews.net. (an/mond)   

Previous Post Next Post