Gubernur Distribusikan Peralatan Usaha Masyarakat Miskin

Nusantaranews ~ Gubernur Irwan Prayitno melakukan penyerahan bantuan peralatan usaha bagi keluarga miskin dari kegiatan pendidtribusian zakat Baznas Provinsi Sumatera Barat dalam pengembangan usaha di masjid Nurul Iman, kamis siang (21/8). Hadir utusan Kementrian agama sumbar, pengurus amil zakat, kepala Biro Binsos Setdaprov.
 
Gubernur Irwan prayitno,  dalam kesempatan itu menyampaikan kita harusnya saling menghormati sesama umat. Tidak ada perbedaan pandangan antara muzaki dan musahik, karena mengeluarkan zakat merupakan kewajiban seseorang setiap orang yang mampu.
 
Jangan karena kita memberi zakat berlaku tidak wajar pada penerima zakat, dalam menjaga kerukunan dan keharmpnisan umat Kita mesti menjaga harga diri orang miskin.  Kepala orang yang miskin, jangan pelihara kemiskin, mesti terus berusaha dan kerjakeras untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.
 
Islam menganjurkan umatnya untuk menjadi orang yang mampu, dimana dari lima rukun Islam, empat diantaranya membebankan umatnya melakukannya dengan harta benda. Karena itu setiap umat Islam mengharuskan menjadi orang yang mampu dan kaya. Kita tidak perlu kaya betul, bisa bayar zakat, bisa bersedekah, bisa baik haji, sudah bagus itu, dan syukuri nikmati razaki Allah itu dengan baik, guraunya.
 
Irwan Prayitno juga mengingatkan diperintah Allah untuk berusaha dan kerja keras merubah hidup lebih itu, tanpa itu perubahan hidup tidak akan berubah. “ Tidak akan berubah nasib suatu kaum, jika kaum itu tidak merubah sendiri “.
 
Kemudian bagi masyarakat miskin diharapkan segera mengurus Kartu BPJS dapat, jika ada masyarakat miskin yang belum dapat agar pengurus bazda mau membanbtu, sehingga kita juga dapat mengurangi tinkat kemiskian di Sumatera Barat, harapnya
 
Sekretaris Bazanas Drs. H. Syamsuir menyampaikan, pendistribusian zakat tahap IV tahun 2014 kepada 153 orang mustahik  dengan total dana 550.742.000. Pemberian zakat yang diberikan secara kolektif ini untuk lima program pendistribusian zakat, untu Sumbar Makmur, sumbar cerdas, sumbar peduli, sumbar iman dan takwa.
 
Untuk Sumbar Makmur diberikan bantuan berupa uang kepada 56 orang dan bantuan barang berupa mesin jahit dan kompresor untuk 5 orang. Bantuan Sumbar Cerdas diberikan ke orangtua mahasiswa kurang mampu 74 orang, Sumbar Peduli  10 orang, Sumbar Sehat bantuan berobat untuk orang miskin 14 orang dan  Sumbar Iman dan Takwa sebanyak  8 orang. “Mustahik yang diberikan bantuan ini merupakan usulan SKPD atau unit kerja yang direkomendasikan oleh UPZ Tuah Sakato dan UPZ kemenag Sumbar,” Sebut Sekretaris Baznas Sumbar, Syamsuir pada penyerahan  yang dilakukan Mesjid Nurul Iman, Kamis siang (21/8)
 
Menurutnya, penerima bantuan ini sudah dilakukan klarifikasi dan privikasi berupa peninjauan ke lokasi dengan focus kelayakan bantuan diberikan. Penguruds bidang pendistribusian dan bidang pendayagunaan juga telah melihat langsung keberadaannya.
 
“Hampir 90 persen dana Baznas yang kita serahkan ini berasal dari PNS SKPD Pemprov Sumbar. Untuk yang 10 persen lagi bersal dari perorangan berbagai profesi termasuk juga zakat yang berasal dari perusahaan,” tambahnya.Zardi
Previous Post Next Post