"Goal Keeper" Terproduktif

Rogerio Mucke Ceni

Urusan mencetak gol bukan hanya tugas seorang striker. Dalam setiap pertandingan sepak bola seluruh pemain diwajibkan untuk mencetak gol ke gawang lawan tidak terkecuali seorang kiper. Anda tidak percaya. Berikut daftar 10 kiper produktif dalam urusan menjebol gawang lawan.

1.    Rogeroi Mucke Ceni (Brazil)

Bermain lebih dari 950 pertandingan di liga Seri A Brazil bersama klub Sao Paulo, ia telah melesakkan 100 gol ke jala lawan. Ia resmi di akui FIFA sebagai kiper pencetak gol terbanyak sepanjang masa. 45 gol dari penalty kick dan 55 gol dari free kick ada dalam catatan karirnya.

2.    Jose Luis Chilavert (Paraguay) 
Kiper legendaris Paraguay yang lahir di Luque pada 27 Juli 1965 berhasil menciptakan 62 gol dalam karir profesionalnya. Dia pernah meraih trophi tiga kali sebagi kiper terbaik dunia versi IFFHS.

3.    Rene Higuita (kolombia)

Kiper nyentik ini terkenal dengan scorpion kicknya. Ia dijuliki El Loco karena gemar meninggalkan gawangnya hingga ketengah lapangan. Selama berkarir dia menciptakan 41 gol, 37 tercipta melalui tendangan penalty.

4.    Jorge Campos (Meksiko)

Baju warna-warni melihatkan keunikannya di atas lapangan hijau. Mencetak 40 gol dalam karirnya sebagai seorang kiper nampaknya wajar. Karena sebelum menjadi kiper meksiko posisi awal Campos adalah seorang striker. Ia didaulat sebagai kiper terpendek sepanjang sejarah (168cm). di negaranya ia dijuluki chiqui-campos.

5.    Dimitar Ivankov (Bulgaria)

Lahir pada 30 Oktober 1975, Ia telah mengemas 40 gol diseluruh kompetisi. Kejayaannya mengantar Busaspor memenangi super lig turki.

6.    Jhony Martin Vegas (Peru)

Mencetak 39 gol yang ke 30 gol dilesakan melalui tendangan penalti sedangkan 9 gol lagi diciptakan melalui sundulan dan sepakan bebasnya. Saat ini ia bermain di devisi satu liga peru.

7.    Fernando Arturo Petterson Castro (Kosta Rika)

Melesakan 33 gol sepanjang karirnya. Namun saat ini ia telah berpindah kewarganegaraan (naturalisasi) ke Guatemala tempat ia berkarir.

8.    Alvaro misael Alfaro (El Savador)

Mantan pesepakbola El Savador ini menempati posisi kedelapan sebagai kiper tersubur dengan koleksi 31 golnya.

9.    Hans- Jorg Butt (Jerman)

Spesialis tendangan penalty asal jerman ini telah menciptakan  28 gol. Semua  Gol tersebut tercipta melalui titik putih. Ia pernah berseragam Bayern Munchen.

10.    Vincent Enyeama (Kamerun)

Sama halnya dengan Hans-Jorg Butt, ke 24 gol yang bersarang indah ke jala gawang hasil kreasinya melalui titik 12 pas. (Daftar FIFA 2014). mond
Previous Post Next Post