Sumbar Tuan Rumah OSN SMP Tingkat Nasional

nusantaranews.net ~ Sumatera Barat menjadi tuan rumah pelaksanaan olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tingkat nasional tahun 2014, yang dilaksanakan tanggal 15 hingga 21 Mei 2014. Sebanyak 396 peserta mengikuti 4 jenis lomba yang dipertandingkan, matematika, fisika, biologi dan IPS.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar (Dirjen Dikdas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad mengatakan OSN mulai dilaksanakan sejak tahun 2001 di Yogjakarta untuk tingkat SMA, dan pada tahun 2002 dilanjutkan  untuk memulai ditingkat SMP di Balikpapan. OSN yang diadakan ini salah satu lomba yang diadakan setiap tahun, untuk mencari siswa yang berprestasi.

Ada tiga tujuan diselenggarakan OSN ini, untuk mencari puncak prestasi siswa, OSN sebagai ajang berkompetisi dan berkalaborasi, dan adanya OSN sebagai ajang dalam mencari bibit-bibit yang dipersiapkan, untuk wakili Indonesia pada Olimpiade sains internasional.” Untuk itu, kami mengharapkan agar peserta OSN dapat menunjukan kapasitas terbaiknya, melalui keunggulan prestasi pada OSN ini,”ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutannya sebelum membuka OSN SMP tingkat nasional tahun 2014, mengatakan kegiatan OSN ini banyak dampak dan mamfaat, apresiasi untuk wakil siswa dari seluruh indonesia untuk menjadi pilihan tidak hanya untuk nasional namun untuk tingkat internasional.

“Adanya OSN, memicu sekolah dan dinas pendidikan di Indonesia untuk berlomba-lomba dalam kompetisi, dari tingkat provinsi, kecamatan hingga tingkat sekolah untuk melakukan kompetisi dalam memotivasi peserta agar dapat mengahadapi olimpiade sains ini,”sebut Irwan Prayitno.

Menurutnya, sebagai tuan rumah penyelenggaraan OSN SMP tingkat Nasional 2014 ini tentunya menjadi kebanggaan bagi Sumbar dengan kegiatan yang digagas Kementrian pendidikan dan kebudayaan RI. Apalagi pada kegiatan ini, dihadiri ribuan peserta dari seluruh indonesia. “Tentunya, tidak hanya sebajang ajang kompetisi di bidang sains. Ini juga dapat menjadi ajang promosi wisata dan kuriner bagi Sumbar,”tambahnya.

Lebih lanjut, Gubernur mengharapkan Sumbar dapat meraih medali emas, untuk mewakili Indonesia pada olimpiade Sains internasional nanti. “Tidak hanya medali, namun juga dengan kegiatan ini mendorong motivasi siswa SMP dan  tergerak dalam berkompisi dalam  menuntut ilmu. Ini juga untuk memotivasi guru-guru dalam meningkatkan keunggulan siswa di sekolahnya,”jelasnya.

Sementara itu, Kepada Dinas Pendidikan dan kebudayaan Sumbar, Syamsurizal sebagai ketua pelaksana kegiatan OSN ini mengharapkan, dengan OSN ini dapat menumbuhakn budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa SMP. “OSN bertujuan meningkatkan wawasan dan pengetahuan, kemampuan, kreatifitas dan kerja keras agar siswa mampua menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,”paparnya

OSN dapat membina dan mengembangkan kesadaran ilmiah, untuk mempersiapkan generasi dimasa kini dan masa akan datang. Mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dalam pengembangan sains, matematika, ilmu pengetahuan sosial bagi generasi muda. Ini juga untuk menjaring siswa-siswa unggul pada sains matematika. ”Untuk itu, peserta diminta agar bersungguh, dalam memanfaatkan kemampuan, kerja keras untuk meraih prestasi sebagai pemenang,”pungkasnya Syamsurizal.Zardi
Previous Post Next Post