UPT BNPB Regional Sumatera Diresmikan

nusantaranews.net ~ Gedung Unit Pelayan Teknis (UPT)  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Regional Sumatera yang merupakan bantuan Negara Australia, sebagai komitmen dalam mendukung program penanggulangan bencana di Indonesia, diresmikan Kepada BNPB Dr. Syamsul Maarif Yang Dipertuan Maulana Paga Alam, Selasa Sore (18/3). Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Minister Conselor Development Coopration Australia Embassy Mr. Jean Bernard Carraso, Forkopinda, Wakil Gubernur Muslim Kasim, Pejabat eselon I dan II dilingkungan BNPB, Kepala SKPD dilingkungan Pemprov Sumbar, Ketua BPK Sumbar, Walikota Padang Erizal Agus.

Ketua BNPB Syamsul Maarif dalam kesempatan tersebut menyampaikan, ini merupakan " Sumbar Pecah Telor ", pertama sebagai Regional Sumatera dari 12 UPT yang telah dirancang diseluruh Indonesia. UPT BNPB ini merupakan tempat, logistik, pelatihan dalam membangun kesiap siagaan masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Oleh karena itu manfaatkan gedung dan fasiltas yang ada ini dengan baik, tanpa itu semuanya tidak akan ada artinya jika tanpa ada aktifitas dalam mendorong kesiap siagaan kebencanaan bagi masyarakat Sumatera maupun secara khusus masyarakat di Sumatera Barat.

Ada prinsip yang perlu terus di kembangkan, " Siapa yang memiliki kesiap siagaan akan terhindar dari bencana. Karena itu mari kita bangun prinsip itu dalam bahagian ikhtiar kepada Allah, agar kita terhindari dari resiko bencana, himbaunya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam kesempatan itu menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah Australias dan BNPB yang telah memberikan perhatian secara baik dalam meningkatkan upaya kesiap siagaan masyarakat Sumatera Barat dalam menghadapi bencana.

Kita menyadari Sumatera Barat merupakan salah satu daerah etalase dan market bencana, hampir semua bencana ada di daerah ini, tsunami, lonsor, banjir bandang, gempa bumi, angin puting beliung bahkan kita juga mengalami soal bencana kabut asap akhir-akhir ini. Ini semua tentu mesti kita hadapi dengan kesiap siagaan masyarakat untuk selalu bersahabat dengan bencana dan mampu menyesuaikan diri secara baik.

Hari ini kita patut bersyukur dengan adanya UPT BNPB Regional Sumatera yang dipusatkan di Padang, merupakan bukti Sumatera Barat berpikir jauh kedepan dalam membangun kesiap siagaan kebencanaan atas dukungan dan kerjasama dengan berbagai pihak. Namun dari kesemua itu bagaimana masyarakat kita bisa tahu dan cepat bertindak ketika terjadi bencana untuk menyelamatkan diri ke tempat yang aman, tegasnya.

Mr. Jean Benard Carraso juga dalam kesempatan itu menyampaikan, pembangunan gedung UPT BNPB ini bahagian dari komitmen Australia dalam mendukung program penanggualngan bencana di Indonesia oleh BNPB.

Bangun ini merupakan standar aman gempa internasional, sehingga diharapkan jika ada bencana bangun ini akan terus dapat berdiri kokoh dalam menyelamatkan masyarakat di daerah ini. Mudah-mudah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, ujarnya. Zardi
Previous Post Next Post