Tiga Kali Penetapan APBD Tertunda

Kotapadang, Sumbar, Nn ~ Untuk ketiga kalinya penetapan APBD 2014 Kota Padang kembali molor. Ini ketiga kalinya Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) batal menetapkan APBD, setelah pada akhir Desember 2013 dan 22 Januari 2014.

Sementara TAPD telah menuntaskan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) dengan Banggar. Jika telah disetujui untuk di-masukkan, maka banyak anggaran untuk program yang sudah direncanakan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) menjadi terpangkas.

Menurut Wakil Ketua DPRD Padang, Afrizal, penundaan penetapan APBD disebabkan belum selesainya pembuatan laporan dari Banggar terhadap APBD. Sehingga DPRD juga tidak dapat memastikan kapan penetapan APBD 2014 lagi.

Walaupun demikian, ia akan melakukan rapat pimpinan, agar dapat segera menetapkan jadwal pengesahan APBD.  

Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah juga kecewa atas gagalnya pengesahan APBD 20¬14 ini. “kan sudah ada kesepakatan, ada tak ada pimpinan APBD 2014 tetap disahkan. Kalau pimpinan tak ada, unsur pimpinan lainnya kan ada,” akunya.

Kondisi demikian berdampak terhadap penundaan dana alokasiuUmum (DAU) Kota Padang yang nilainya lebih dari Rp 1 triliun, dan juga bisa berdampak pada pemotongan lebih kurang 25 persen. **
Previous Post Next Post