Penyerahan Insentif 2,7 M Guru MDA/TPQ

Kota Padang, Nn ~ Pemerintah Kota Padang sangat peduli dengan pendidikan keagamaan di Masjid dan Mushalla dan membayarkan uang isentif Guru MDA dan TPQ sebesar Rp. 2,6 Milyar lebih untuk semester II ( Bulan Juli sampai Desember 2013). agar para pejuang agama ini lebih termotivasi dalam membimbing dan mengajar anak-anak kita tentang ajaran Agama Islam lebih mendalam.

Disampaikan Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, pada acara penyerahan uang isentif bagi Guru MDA dan TPQ, dihadiri Kabag Kesra Al Amin dan Kabag. Humas dan Protokol Kota Padang Suhardi, di Kantor Pusat Pemerintahan Kota Padang di Air Pacah, Senin (6/1).

Mahyeldi katakan agar para guru MDA/TPQ dapat memanfaatkan uang isentif diterima dengan baik dan bermanfaat, walaupun jumlahnya tidak seberapa, tapi para pejuang Agama ini akan dapat memahami dan mengerti atas kemampuan dari Pemko Padang. jangan patah semangat untuk mengajar anak-anak kedepannya, ujar Mahyeldi.

Sedangkan  total keseluruhan dana insentif bagi guru MDA/TPQ se Kota Padang yang tersebar dari 11 kecamatan ini di bagi dua, yaitu untuk guru MDA sebesar Rp 648.000.000 dan untuk guru TPQ sebesar Rp 2.064.000.000. sehingga mencapai Rp. 2,712.000.000.,

Untuk itu, Semoga bantuan ini bermanfaat dan setidaknya mencukupi kebutuhan hidup bagi para guru mengaji tersebut. Selain itu saya harapkan sekali agar pemberian bantuan ini terus berkelanjutan karena demi menunjang kesejahteran para pengajar agama,” terang Wakil Walikota Padang, H Mahyeldi ansharullah dalam kata sambutannya.

Dilanjutkannya, selain itu adapun untuk jumlah dana insentif guru MDA/TPQ di Kota Padang di perkirakan akan lebih besar lagi dianggarkan pada tahun mendatang. Meskipun saat ini masih terbilang kecil, akan tetapi pemerintah  akan berupaya meningkatkan insentif sebagaimana bentuk perhatian khusus pemerintah terhadap pendidikan khususnya bidang keagamaan,"terangnya.

“Kita selalu optimis demi membangun generasi cerdas dan berakhlakul kharimah khususnya di Kota Padang ini. Dimulai dari pendidikan formal yakni di MDA dan TPQ juga disertai pemusatan kegiatan - kegiatan pendidikan dan pembinaan di masjid atau mushalla. Diantaranya dari hasil pembinaan kita dengan mencetak para khafilah dari MDA/TPQ untuk mengikuti MTQ tingkat daerah bahkan nasional. Itupun kita telah membuktikannya sebagaimana Padang masih bertahan selalu menjadi juara umum MTQ tingkat daerah," imbuhnya.

Selanjutnya, Kabag Kesra Pemko Padang Al Amin dalam kata sambutannya mengatakan, adapun jumlah guru MDA/TPQ penerima pemberian dana insentif yaitu sebanyak 3.700 orang. Lalu kemudian bagi  para guru MDA  dan TPQ ini diberikan pertahun dengan total mencapai Rp. 5,3 milyar lebih yang dibagi menjadi dua semester penyerahannya, yaitu periode Januari - Juni dan Juli - Desember.

“Sejauh ini Pemko Padang melalui Kabag Kesra dan di dukung Departemen Agama (Depag) Kota Padang serta Badan Kerja Sama  (BKS) MDA/TPQ  kecamatan dan beberapa pihak selalu bersinergi demi kelancaran pendidikan agama islam tersebut. Baik itu masalah program pendidikan maupun kesejahteraan para pendidik,” imbuh Al amin. (Taf)
Previous Post Next Post