Gubernur Sumbar Tandatangani 10 Prasasti Pembangunan Solsel

Solok Selatan, Nn ~ Pada peringatan Hari Jadi Solok Selatan yang ke 10 tahun, Gubernur Irwan Prayitno menandatangani 10 prasasti pembangunan infrastruktur keberhasilan pembangunan di Solok Selatan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Pemkab Solok Selatan di Golden Amr Lubuk Gadang.

Rapat Paripurna Istimewa ini dihadiri oleh, Kadis Sosial Abdul Gafar, Kabiro Pemerintahan Syafrizal Ucok, Kabiro Humas Irwan,S.Sos,MM, Kepala Bank Nagari Suryadi Asmi, Kepala BI wilayah 8 Sumatera Barat, kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar, Ketua DPRD Ir., Yulteknil,MM Wakil Ketua Leonardi Harimaini,S.IP,MH, tokoh perantau , mantan Bupati dan wakil Bupati Solsel, serta kepala SKPD dilingkungan Pemkab Solsel.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, selama tahun 2013 ini anggaran APBD Sumbar terbesar dalam berbagai pembangunan di Solok Selatan senilai Rp.58 Miliar. Dan dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan, hal ini tentunya karena tingginya tingkat partisipasi masyarakat dan keterpaduan pemerintah daerah dalam kegiatan pembangunan.

Kita juga bangga dan senang dengan keakraban yang terjadi antara Bupati dengan Ketua DPRD Solsel yang tentu menandakan komitmen yang baik dalam meningkatkan berbagai program pembangunan yang sedang, akan dilaksanakan. Mudah-mudah ini pertanda kebaikan dan kesejahteraan masyarakat Solsel hari ini dan dimasa-masa mendatang.

Disaat yang sama kita juga ikut memberi apresiasi kepada 3 daerah pemerkaran yang serentak hari ini pelaksanaan hari jadinya, kabupaten Pasaman Barat, Dhamasraya dan Solsel. Ketiga daerah ini memiliki potensi dan keunikan yang  berbeda yang pada sisi-sisi masing-masing akan mampu berpacu dengan pemkab/ko yang telah lebih dahulu maju, harapnya.

Irwan Prayitno juga menyampaikan, Solsel sebagai daerah otonomi diharapkan mampu membangun daerah sesuai dengan potensi dan keinginan masyarakat, sehingga mampu Solsel setahap demi setahap mampu sejajar dengan daerah lain di Sumatera Barat bahkan Indonesia.

Banyak hal yang mesti dibenahi oleh Solsel dimana peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) perlu ditingkatkan dalam bidang pendidikan dan kesehatan, karena kita melihat kemajuan daerah lain karena tinggin dan menonjolnya  IPM yang ada pada daerah tersebut. Selain itu dalam memacu perkembangan ekonomi masyarakat, Pemkab Solsel mesti juga memacu diri dalam pengembangan dunia kepariwisataan, dimana daerajh ini juga memiliki keindahan alam dan sejarah yang sangat mempesona.

Beberapa hari kedepan kita akan menyelusuri daerah terindah tersebut dengan mempergunakan kenderaan roda dua, motorcross, sesuai dengan yang telah terjadwalkan sebelumnya. Pengembangan dunia kepariwistaan di daerah solsel tentu juga akan menambah program pembangunan yang lebih baik lagi, dimana kepariwisataan memiliki multi efek yang mampu mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan, UKM dan lain-lain, ungkapnya.

Bupati Muzni Zakaria dalam kesempatan itu juga menyampaikan, Solsel diusia ke 10 tahun telah berhasil dengan berbagai penghargaan yang telah diraih selama ini. Dan kebanggaan prestasi solsel ditahun 2013 lalu adalah sebagai salah satu etape Tour De Singkarak yang diakui banyak pihak sebagai etape yang cantik dan penuh tantangan.

Selain itu dalam penilaian keuangan daerah yang selama ini dengan nilai disclamer pada tahun 2013 telah dapat naik peringkat menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Kedepan kita juga akan melakukan evaluasi SOTK karena selama ini masih banyak kegiatan pelayanan yang belum dapat dilakukan secara baik kepada masyarakat.

Dalam pengembangan SOTK nanti kita tetap dengan prinsip miskin struktur kaya fungsi, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan daerah, ujarnya. Zardi
Previous Post Next Post