Keltan Ikur Koto Terima Hand Tracktor

Padang, Nn ~ Dua kelompok  tani di Kelurahan Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Padang menerima bantuan hand traktor dari Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementrian Pertanian tahun anggaran 2013.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Wakil Walikota Padang Mahyeldi, SP didampingi Kepala Dinas Pernakbunhut Kota Padang Hariyanto Rustam kepada Supardi Ketua Kelompok Tani Simpang Harapan, dan Zufrizal Ketua Kelompok Tani Harapan Jaya di Ikur Koto, Kamis (22/8).

Disamping menyerahkan hand traktor, Mahyeldi juga menyerahkan bantuan 100 batang bibit sirsak dari Pemko Padang kepada masyarakat Ikur Koto.

Dikesempatan itu Mahyeldi menjelaskan, tujuan pemerintah menyerahkan bantuan adalah untuk meningkatkan produksi pertanian di Kota Padang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Di tahun 2013 ini kita telah mendapatkan bantuan 10 unit hand traktor dan 2 unit cultivator dari Kementrian Pertanian, sementara itu dari Propinsi Sumbar kita menerima bantuan hand traktor sebanyak 40 unit,” ungkap Mahyeldi.

“Kita harus banyak-banyak bersyukur, dan memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin,” tambah Mahyeldi.

Mahyeldi menjelaskan, masyarakat jangan hanya terfokus pada proses pengolahan pertanian, tetapi juga harus memanfaatkan lahan-lahan di sekitar lahan pertanian untuk peternakan, seperti peternakan ikan, sapi, kambing, unggas, dan yang lainnya. 

Sementara itu  Kepala Dinas PErnakbunhut Kota Padang Heriyanto Rustam menjelaskan, untuk mewujudkan swasembada pangan di Kota Padang harus diiringi dengan peningkatan infrastruktur dan mekanisasi pertanian, seperti peningkatan infrastruktur jaringan irigasi, jalan usaha tani, lumbung pangan, pemakain alat dan mesin pertanian seperti hand traktor, transplanter (mesin tanam padi), reaper (mesin panen padi), threser (mesin perontok gabah), huller (mesin giling padi) dan mesin-mesin pertanian lainnya.

“Jika dikelola dengan baik dan maksimal, sawah yang kita miliki sekarang seluas 6.587 Ha akan memberikan hasil yang sangat baik bagi swasembada pangan di Kota Padang,” pungkas Heriyanto.LiL
Previous Post Next Post