Gubernur Sumbar Sidak Setelah Lebaran

Padang, Nn -- Pada hari pertama mulai beraktifitas setelah liburan lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah Gubernur Irwan Prayitno melakukan Apel Pagi dan Sidak kebeberapa SKPD dilingkungan Pemprov. Sumbar, Senin (12/8).

Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan itu menyampaikan, kehadiran kerja dan taat dengan aturan yang berlaku merupakan bahagian dari sebuah pengabdian PNS terhadap tanggungjawab kerja dan amanah yang diberikan kepadanya. Seharusnya kesadaran itu menjadi kepribadian setiap PNS dalam mewujudkan Aparatur yang profesional guna mencapai kesejahteraan.

Guna meningkatkan kinerja kita mesti meningkat pula sikap disiplin yang tinggi terhadap pengabdian tugas, disiplin waktu, disiplin pekerjaan, disiplin taat aturan dan disiplin terhadap rasa tanggungjawab amanah yang diberikan. kebaikan tingkat disiplin ini akan memacu meningkatnya kinerja yang berdampak kepada keberhasilan program dan kegiatan pembanguan yang dilakukan. Untuk sesuai dengan aturan yang berlaku kita akan melakukan penindakan terhadap PNS yang kurang disiplin, melakukan kesalahan dan memberikan pembinaan.

Namun terlepas dari semua itu, kunci keberhasilan kerja itu juga terjalin dengan sikap kebersamaan dan menjaga silaturrahmi. Sehingga setiap persoalan yang timbul dapat dikoordinasikan secara baik dan cepat. Karena itu sikap dendam, menyakiti, iri dan dengki harus kita buang dalam hati kita , sehingga suasana kerja aman, tentram dan nyaman untuk dapat berkerja tanpa beban dengan hasil kerja yang lebih baik, ajaknya

Dari 42 SKPD yang berlokasi di Padang dengan jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) 4.755 orang, tercatat sebanyak 4.540 orang yang hadir atau sebanyak 93,88 persen. Dibandingkan tahun lalu kehadiran PNS pada hari pertama 90,65 persen, tahun ini terjadi peningkatan kehadiran pegawai disejumlah SKPD.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Badan Kepegawaian Daerah(BKD) Sumatera Barat, Jayadisman yang ditemui Senin siang(12/8). Menurutnya, tahun ini tingkat kehadiran PNS yang dinas di 42 SKPD yang dberlokasi di Padang meningkat 3,23 persen dari tahun lalu. Pada tahun ini dari 4755 PNS di sejumlah SKPD, yang hadir pada hari pertama ini sebanyak 4.540 orang.

“Setelah tim melakukan sidak mereka baru sampai, tercatat 20 orang terlambat. PNS yang sakit 24 orang, izin 30 orang, cuti sebanyak 173 orang dan  tampa keterangan 16 orang,”terangnya.

Dibandingkan tahun lalu yang hadir tampa keterangan sebanyak 44 orang, terjadi penurunan PNS yang tidak hadir tampa keterangan 0,4 persen pada tahun ini. Untuk mereka yang tidak masuk kerja pada hari pertama setelah liburan ini akan diberikan berupa teguran dan sanksi

Untuk 16 orang PNS yang tidak hadir dengan tampa keterangan di 7 SKPD, yang terbesar terjadi pada Kantor Penghubung dan dinas  pendidikan. Di kantor penghubung 6 orang dan dinas pendidikan 5 orang, di SKPD lain masing-masing satu orang,”jelasnya.
Previous Post Next Post