Paskibraka Padang Wakili Sumbar

Padang, Nn -- Retno Adhilla Putri, Siswi kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Padang terpilih untuk bergabung dalam pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) pada peringatan HUT RI ke - 68 di Jakarta nanti. Retno berhasil melewati seleksi demi seleksi sejak Maret 2013 lalu.

Wakil Walikota Padang Mahyeldi, SP memberikan motivasi kepada Retno agar terus menunjukkan potensi dirinya. "Potensi yang terasah akan membuahkan prestasi, dan prestasi itu akan menjadi motivasi bagi yang lain," ujar Mahyeldi saat menerima Retno di ruang kerja Wakil Walikota Padang, Rabu (17/7). Turut hadir kedua orangtua Retno Hendri dan Mayor Yul Afni, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Dian Wijaya dan Kepala SMAN 4 Padang Yunisra M.Kom serta Kabid Kepemudaan Dispora Kota padang Zulkadri.

"Prestasi yang dicapai Retno ini akan membanggakan bagi orang tua dan guru, karena keberhasilan itu tak lepas dari sinergi yang terbangun antara guru dan orang tua dalam memberikan bimbingan," imbuhnya.

Dikesempatan itu Mahyeldi juga menyerahkan uang saku sebesar Rp. 4 Juta sebagai bentuk motivasi keikutsertaan Retno dalam Paskibraka Nasional yang rencananya akan berangkat ke Jakarta pada Senin (22/7). 

Sementara itu Kadispora Dian Wijaya mengatakan, seleksi Paskibraka 2013 diawali dengan seleksi tingkat Kota Padang pada 19 Maret sampai 23 Maret lalu. Seleksi ini dikuti oleh 310 orang, mewakili 40 SLTA se-Kota Padang. Dari 310 orang tersebut, sebanyak 23 orang terpilih mewakili Kota Padang ke tingkat Provinsi Sumatera Barat. Masing-masing 12 putra dan 11 putri.

Dari 23 orang ini,  terseleksi sebanyak 19 orang (terdiri dari 10 putra dan 9 orang putri) sebagai paskibraka tingkat Sumbar, 3 orang diantaranya masuk nominasi nasional (1 putra dan 2 putri). Akhirnya, seorang diantaranya terpilih sebagai utusan Sumatera Barat ke tingkat nasional, yaitu Retno Adhilla Putri dari SMAN 4 Padang.

"Sebagai perbandingan tahun 2012, Kota Padang terpilih Paskibraka tingkat provinsi Sumbar sebanyak 13 orang dan 1 orang diantaranya sampai ketingkat nasional juga dari SMAN 4 Padang," kata Dian.

Kepala SMAN 4 Padang Yunisra mengungkapkan, ini suatu prestasi yang membanggakan karena dua tahun berturut ~ turut siswa dari SMAN 4 Padang terpilih untuk Paskibraka nasional.

Retno sendiri mengakui siap bergabung dengan rekan-rekan lainnya dari seluruh Indonesia sebagai pengibar bendera di hadapan Presiden RI serta jutaan pasangan mata.LiL
Previous Post Next Post