Nuzul Quran Di Masjid Darul Hujjaj

Padang, Nn ~ Remaja Masjid Darul Hujaj, Asrama Haji Tabing Padang selama Ramadhan tak pernah sepi aktivitas. Di samping menjalani ibadah puasa dengan baik, mereka juga menggelar berbagai iven. Acara dibuka langsung oleh Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah di Masjid Darul Hujaj ini, Jumat (26/07).

Pada kesempatan itu, Mahyeldi mengatakan, Nuzulul Quran merupakan hari diturunkannya Al Quran oleh Allah SWT, tepatnya pada 17 Ramadhan. Hanya dengan terus membaca dan memahami serta mengimplementasikannya, maka ia akan menjadi tuntunan, pedoman dan petunjuk bagi kita dalam kehidupan
ini," kata Mahyeldi.
 
Lanjunya lagi, salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan Tahfiz Quran dan MTQ seperti yang dilakukan oleh Remaja Masjid Darul Hajj ini. "Mudah - mudahan dengan mempelajari Al Quran, memahami dan mengamalkannya akan terwujud generasi Qurani,"ulasnya.

Menurut Pembina Remaja Masjid Darul Hujaj, Punardi, kegiatan - kegiatan semacam ini sebuah motivasi dalam rangka mengajarkan para pesantren Ramadhan agar lebih aktif dan kreatif. "Selama ini mereka sebagai peserta cenderung pasif dan lebih banyak menerima. Sekarang kita memberi mereka kebebasan untuk membuat iven sekaligus menjadi panitia dan mengurus segala macam dari A sampai Z," kata Pun Ardi di sela kegiatan Nuzulul Quran di masjid tersebut.

Ia menambahkan, dalam kegiatan Nuzulul Quran ini remaja Masjid Darul Hujaj menggelar berbagai lomba, mulai dari Lomba Kreasi Mading, Nasyid, Cerdas Cermat, Tahfiz Quran dan MTQ. Adapun pesertanya adalah santri pesantren ramadhan dari 20 masjid di 13 kelurahan sekecamatan Koto Tangah. Masing - masing kelas lomba menyesuaikan tingkatan sekolah, dari SD hingga SLTA.

Ketua Panitia, Pinto mengaku, kegiatan semacam ini adalah tantangan yang menyenangkan."Kita di tantang untuk dapat menyelenggarakan acara agar sukses, sekaligus merasa senang karena kita dapat belajar menjadi EO (event organizer-red)," ujar pelajar madarasah Aliyah Ar Risalah tersebut.LiL/der
Previous Post Next Post