Tradisi Lingkungan Bentuk Karakter Siswa

Nn, Padang – Peran strategis sekolah, sebagai lembaga pendidikan dengan menampilkan tokoh guru sebagai tenaga pendidik dan tenaga pengajar, sekaligus harus memiliki kualitas perilaku yang mencerminkan karakter seorang pendidik, memiliki kecakapan hidup, sehingga dapat menjadi
panutan peserta didik.

Upaya pembentukan karakter tidak semata-mata hanya dilakukan disekolah, tetapi juga dalam lingkungan keluarga, masyarakat, dan lingkungan dimana saja berada. Dan dukungan masyarakat memiliki peran besar dalam membentuk karakter yang baik.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP saat memberikan sambutan pada acara Perpisahan Siswa-Siswi Kelas VI SD Kartika 1-11 Padang, Senin (27/5) di halaman sekolah tersebut di Jl Ki Mangun Sarkoro Kec. Padang Timur.

Dijelaskan Mahyeldi, karakter seseorang siswa akan terbentuk melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari, tanpa pembiasaan akan sulit mengaplikasikannya, karena karakter ini sangat berkaitan dengan perilaku seseorang dalam kehidupan.

“Sekolah yang memiliki tradisi prestasi, lingkungan yang bersih, indah dan tertata rapi, dengan sendirinya akan membentuk karakter yang baik bagi siswanya,” terang Mahyeldi.

Ditambahkan Mahyeldi, disamping membentuk karakter siswa, pendidikan juga harus bisa menciptakan siswa yang memiliki kecerdasan spritual, intelektual, dan kecerdasan emosional dengan sinergitas semua pihak termasuk pemerintah, masyarakat dan orang tua.

“Diberbagai kesempatan saya sering menyampaikan, bahwa pendidikan bukanlah segalanya, akan tetapi segala sesuatu berawal dari pendidikan. Dan kita semua berharap agar anak didik kita lulus UN 100%,” ujar Mahyeldi.

Dikesempatan itu, Suryadi Kepala Sekolah SD Kartika 1-11 Padang menjelaskan, saat ini SD Kartika 1-11 Padang memiliki siswa sebanyak 1.048 orang, dengan jumlah siswa kelas VI yang mengikuti UN sebanyak 173 orang.

“Kita secara bersama-sama, majelis guru SD Kartika 1-11 Padang, pihak Yayasan Kartika Jaya Kodim 0312 Padang, wali murid SD Kartika 1-11 Padang, selalu menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, bersih dan tertata rapi, dengan mengedepankan pendidikan karakter, sopan santun, dan akhlak mulia,” terang Suryadi. LiL
Previous Post Next Post