Menjahit Dapat Sejahterakan Masyarakat Agam

Nn, Agam -- Pemerintah Provinsi tidak akan pernah bosan membantu masyarakat dalam upaya meningkatkan pendapat guna mencapai kesejahteraan hidup yang lebih baik dengan berbagai program pembangunan yang dilaksanakan oleh masing-masing SKPD dilingkungan Pemprov  yang berkerjasama dengan Pemkab/ko se Sumatera Barat. Termasuk hari ini kita meresmikan Pelatihan Menjahit Berbasis Masyarakat di Kabupaten Agam.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam acara pembukaan Pelatihan Menjahit Berbasis Masyarakat di 7 Kenagarian di Kabupaten Agam, Senin sore (20/5). Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Indra Catri, Kadis Disnakertrans Syofyan,SH, Kadis Sosial Abdul Gafar,SE,MM, Anggota DPRD H. Rafdinal, beberapa kepala SKPD Dilingkungan Pemkab Agam.

Lebih lanjut Irwan Prayitno menyampaikan, jika pemerintah telah memberikan bantuan dan program ini direspon cepat oleh Bupati / Kepala Daerah, tentunya tinggal masyarakat yang mesti bekerja sungguh-sungguh untuk mewujudkan keinginan meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.  Kita merasa prihatin pada saat bantuan ini hanya sebagai pajangan, tidak dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat, sehingga penurunan kemiskinan dan pengangguran itu hanya menjadi isapan jempol semata.

Kita menantang para peserta yang mengikuti pelatihan  menjahit ini untuk berusaha, gigih dan kerja keras meningkatkan produktifitasnya lebih baik dalam mendukung pendapatan sehari-hari. Bagi yang tidak akan produktif sebaiknya dari sekarang menentukan sikap agar digantikan bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan semua ini, ajaknya.

Irwan Prayitno juga menyampaikan, Bupati Indra Catri merupakan salah satu Bupati yang selalu merespon program kegiatan pemprov Sumbar dengan baik, banyak hal yang dilakukan di daerah ini menjadi sesuatu menjadi kebanggaan kita.

Kita amat menyayangan beberapa Pemkab/ko yang kurang merespon program-program pemprov, sehingga dana-dana tersebut terpaksa dialihkan kepada daerah-daerah yang produktif. Hal ini dilakukan karena pemprov juga didesak untuk melakukan setiap kegiatan atau program pembangunan dana-dana APBD/APBN cepat diserap secara baik dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu kita akan terus melakukan kegiatan yang mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat, petani, peternak, nelayan dan lain-lain dalam berbagai program yang cocok dengan kondisi dimana potensi masyarakat itu tersedia.

Untuk kita selalu menghimbau dan mengajak masyarakat kita untuk melakukan kegiatan yang produktif setiap hari, “ jangan duduk-duduk ma ota se dilapau, dari pagi sampai malam, hal ini tentu akan membuat kita miskin terus !”. Jangan sekali-kali salahkan pemerintah, jika kita tidak ikut berpartispasi secara nyata mendukung setiap program peningkatan kesejahteraan masyarakat, himbaunya.

Bupati Indra Catri dalam kesempatan itu menyampaikan, kita amat senang  sekali dengan berbagai macam bentuk program yang dilakukan di Kabupaten Agam. Semua itu  tujuannya tiada lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Agam.

Oleh karena itu mari kita perlihatkan kepada semua orang, hasil-hasil produktifitas itu secara baik serta kita jaga bantuan itu dapat terpakai secara baik dan terawat.

Hari ini ada 4 paket pelatihan menjahit bagi masyarakat, dimana masing-masing paket diikuti oleh 16 peserta dan setiap perserta mendapat mesin jahit, bantuan transport, bantuan bahan jahitan. Semua itu merupakan perhatian dan kepedulian Gubernur beserta Perangkat Pemprov Sumbar terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerah, termasuk masyarakat Agam.

Untuk semua itu mari kita kerja keras, buang sikap malas dan buktikan diri dengan hasil produksi yang mampu memberikan kebanggan daerah, baik dalam perlombaan maupun dalam peningkatan hasil pendapatan lebih guna mendukung kebutuhan keluarga, ujarnya. Zardi

Previous Post Next Post