APBD 2014 Untuk Ekonomi Sumbar

Nn, Padang Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  Sumatera Barat tahun 2010-2015, Pemerintah Provinsi dalam rangka melakukan percepatan pembangunan yang memberikan multiplayer effect serta dampak terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat, maka perlu disepakati beberapa kegiatan yang diprioritaskan, seperti pembangunan Minang Ekpo yang sedang berlangsung pembangunannya. Hal ini sesuai dengan Nota Kesepatakatan tanggal 15 Februari 2013, yang juga telah didukung oleh DPRD Sumbar. 

Ini disampaikan Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim yang didampingi kepala Biro Humas Irwan,S.Sos.MM diruang kerjanya Senin (15/4). Menurutnya,” Ada empat agenda bangunan yang diprioritaskan dalam mendukung RPJMD Sumbar tahun 2010-2015 ini, antara lain pembangunan Minang Ekpo, Rumah Gadang, Sport Center dan Gedung Rohana Kudus.

Untuk pembanguan Sport Centre, pembangunan Rumah Gadang dan penyelesaian Gedung Rohana Kudus para SKPD terkait agar menganggarkan untuk tahun 2014 ini. Pembangunan Minang ekpo ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk unggulan ,pergelaran seni dan budaya, workshop, peluang investasi daerah dan temu usaha dengan melibatkan kabupaten/kota.” Melalui minang ekpo diharapkan dapat meningkatkan minat ibnvestasi pelaku usaha baik regional, nasional maupun internasional,”jelasnya.

Lebih lanjut Wagub menjelaskan, Sport center sendiri ditujukan sebagai pusat sarana pengembangan oalahraga di Sumbar ini, yang akan digunakan untuk event-event olahraga tingkat nasional serta internasional, seperti pon, sea games dan lainnya. Fasilitas sport centre antara lain trakc atletik yang meliputi Track atletik yang meliputi sarana perlombaan atletik yang akan digunakan untuk olahraga lari , lompat dan lempar.Sport center  juga dilengkapi akan dengan kolam renang yag respentative berskala nasional dan internasional. “Dengan adanya sport center nantinya, setiap kegiatan-kegiatan olahraga  baik dalam skala tingkat nasional serta internasional, seperti pon, sea games dan lainnya bisa menggunakan fasilitas dari sport center yang berskala internasional”, ucapnya.

Untuk rencana  Pembangunan rumah Gadang atau rumah bagonjong minangkabau sebagai rumah tradisional masyarakat sumatera barat, dengan khazanah keindahan arsitektur tradisional yang akan diperuntukan sebagai pusat sarana pengembangan budaya, sosial serta tempat rekreasi bagi masyarakat sumbar. "Rumah gadang ini kalau bisa dibangun bergandengan dengan Masjid Raya Sumatera Barat agar pelambangkan "tungku tigo sajarangan" jadi selaras kantor pemerintahan,  Masjid raya dan juga rumah gadang. Tapi tidak tertutup kemungkinan jika rumah gadang dibangun di tempat yang persentatif seperti di dekat bandara internasional minangkabau misalnya. Rumah gadang ini berfungsi sebagai simbol kebudayaan minangkabau, walaupun di Tanah Datar sendiri sudah ada rumah gadang yang terdapat di Istano Pagaruyung, namun tentu fungsi dan peruntukan berbeda, tegasnya.

Penyelesaian pembangunan kembali atau renovasi Gedung rohana kudus yang rubuh akibat gempa dasyat yang menguncang Sumbar 30 September 2009 lalu yang berkekuatan 7,9  SR yang telah menyebabkan banyak bangunan yang mengalami rusak berat hingga rata dengan tanah dan juga rusak ringan. “Salah satunya yang mengalami kerusakan berat itu adalah gedung waniat rohana kudus yang merupakan icon gedung wanita Sumatera Barat, diharapkan jika gedung ini dibangun kembali atau direnovasi lagi maka akan dapat difungsikan sebagai gedung pertemuan yang ada”tambahnya.

Semuanya akan kita prioritaskan untuk pelaksanaan RPJMD Sumbar tahun 2010-2015 dan akan segera ditindaklanjuti dalam APBD provinsi Sumatera barat tahun 2014 sesuai dengan kemampuan daerah, kesepakatan ini juga didukung oleh DPRD Sumbar,”terang wagub. Zardi

Previous Post Next Post