Pemprov Sumbar Dorong Peningkatan TI

Nn, Padang -- Tehnologi informasi akhir-akhir ini telah mendominasi peranan dalam kehidupan manusia, terutama sekali yang bersifat penetratif. Saat ini juga kita melihat pengelolaan berbagai jenis organisasi semakin semakin disadari  akan pentingnya infomasi sebagai sesuatu komoditi yang memiliki manfaatnya jelas untuk kepentingan berinteraksi dengan pihak lain.

Ini disampaikan dalam sambutan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kepala Biro Humas Irwan,S.Sos.MM pada pembukaan acara Bintek Pengembangan Jaringan Komunikasi Informasi di Padang. Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur e-Gov Ditjen Aplika Kominfo RI Ir. Firmansyah, Pejabat dilingkungan Biro Humas Setda Provinsi Sumatera Barat.

Lebih lanjut  Sekda menyampaikan,    jelaslah perkembangan tehnologi informasi    merupakan, salah satu pemicu terjadinya perubahan yang harus amati setiap waktu, karena tidak semuanya menjurus pada hal-hal yang positif. Sementara itu penetrasi teknologi informasi tidak mungkin bisa dibatasi dengan pendekatan yang legalistik, karena itu juga menjadi tantangan bagi kita semua dalam menyikapi setiap perubahan, baik dalam kemampuan SDM, analisis informasi dan tatanan pengelolaan informasi agar menjadi manfaat yang terukur pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Seiring tuntutan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih, salah satu solusi yang diperlukan adalah keterpaduan sistem penyelenggaraan pemerintah melalui jaringan sistem informasi on-line antar instansi pemerintah baik di pusat maupun di daerah dalam mengakses seluruh data dan informasi yang berhubungan dengan pelayanan publik.

Pengembangan kemajuan tehnologi informasi juga mampu mendorong pradigma aparatur peningkatan birokrasi serta perbaikan pelayanan dalam menunjang keberhasilan pembangunan yang didukung oleh kecepatan arus data dan informasi antar instansi untuk terjadi keterpaduan sistem, ujarnya.
Sekda juga menyampaikan, inti e-goverment pemanfaatan penggunaan tehnologi informasi bagaimana peningkatan hubungan antar pemerintah dan pihak-pihak lain secara cepat, efesien, efektif  dan akutabilitas .

Oleh karena itu ada beberapa point penting dalam implementasi e-goverment yang dapat dirasakan saat ini, pertama pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Kedua peningkatan hubungan antara pemerintah dengan pelaku bisnis dan masyarakat umum. Ketiga pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan pemanfaatan teknolgi informasi dalam pengembangan diri, kemampuan dan SDM masyarakat dalam pendidikan dan industri UKM untuk meningkatkan kesejahteraan.

 Keempat bagaimana teknomogi informasi dapat melakukan koordinasi yang cepat melalui email dan video conference.  Bagi Indonesia peningkatan pemanfaatan teknologi informasi ini merupakan solusi yang sangat baik dalam menjangkau negara wilayah kepulauan dalam meningkatkan hubungan koordinasi yang lebih baik, termasuk kegiatan perizinan, lelang pengadaan barang dan jasa dan lain-lain, ungkapnya.

Kabag Telematika, Drs. Akral, MM, menyampaikan Acara Bintek Pengembangan jaringan ini diikuti oleh 35 perserta dari pemkab/ko se Sumatera Barat dengan narasumber dari Kominfor RI, Perguruan Tinggi dan kalangan penggunaan IT di Sumatera Barat dan akan dilaksanakan selama 2 hari, dari tanggal 25 s/d 26 Maret 2013. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post