Gubernur Resmikan UPT Puskeswan Agam

Agam, Nn -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyebutkan salah satu langkah dalam meningkatkan ketahanan pangan dan kesehatan hewan nasional serta pengendalian Penyakit Hewan Menular secara optimal adalah melalui pembangunan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan). Apabila langkah tersebut telah dilakukan, maka pencapaian kondisi kesehatan, produksi dan produktivitas hewan akan maksimal didapatkan.

"Pembangunan Puskeswan merupakan salah satu upaya penguatan kelembagaan kesehatan hewan dalam rangka pemberantasan avian influenza dan penyakit hewan lainnya " jelas Irwan Prayitno ketika meresmikan UPT Puskeswan Wilayah III, di Kec. Palembayan Kab. Agam. 

Dikatakannya bahwa selain pelayanan kesehatan hewan dan reproduksi yang bersifat individual, Puskeswan ini juga mengemban amanah yang bersifat publik yakni pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan. Dalam Hal ini Puskeswan merupakan ujung tombak yang berhadapan langsung dengan kasus dilapangan sehingga dapat melakukan deteksi dini, pelaporan dini dan respon dini (early warning system), oleh sebab itu diharapkan semua kasus penyakit hewan menular dapat dikendalikan dan tidak menyebar serta dapat dibebaskan kembali. 

Gubernur berharap dengan adanya Puskeswan ini, hendaknya masyarakat segera memanfaatkannya dengan baik. Terkait dengan pemberian bantuan sapi , masyarakat juga dihimbau untuk periksa kesehatan semua hewan ternak dan selalu merawat hewan ternak dengan baik dan benar. "Jangan hanya  menerimanya saja, apalagi menjualnya. maksimalkan setiap hewan yang diberikan, jangan disia-siakan." harap Gubernur.

Terakhir Gubernur juga mengatakan Kehadiran Mamak serta Tokoh-tokoh masyarakat sangat diperlukan dalam memaksimalkan bantuan-bantuan serta program-program pemerintah. Ajak setiap anak dan kemenakan serta masyarakat banyak untuk lebih giat serta bekerja keras dalam berusaha, apapun usahanya. baik itu petani, peternak dan lain sebagainya. 

Pada Kesempatan tersebut Gubernur juga memberikan bantuan 122 ekor sapi kepada 5 kelompok usaha tani, yakni kelompok Mutiara Terpendam diberi bantuan 51 Ekor Sapi, Kelompok Tani Saiyo, 5 Ekor sapi, Kelompok Tani Amanah, Kelompok Tani Padang Koto Gadang 51, Kelompok Tani Sukses bersama, 10 ekor sapi. Zardi
Previous Post Next Post